Print ...

Contributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Downnload...

Path: Top » Jurnal » Ekonomi » 2014 » Vol 2 Edisi 4, Maret 2014

KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH KOTA SUKABUMI DALAM PENGALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DARI PAJAK PUSAT MENJADI PAJAK DAERAH PADA TAHUN 2014

Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol.2 No.4 Maret 2014
Journal from JBPTUMMIPP / 2017-03-17 02:33:45
By : Abubakar Sodiqin, Darmo H Suwiryo, Sakti Alamsyah. Program Studi Perpajakan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Created : 2014-05-02, with 1 files

Keyword : PBB, Pemerintah Daerah, Pajak Daerah, Pengalihan

Abstrak








Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi salah satu pendapatan pemerintah pusat. Akan tetapi, pada tahun 2014, pemerintah berencana mengalihkan PBB dari pajak pusat menjadi pajak daerah. Dalam rangka pengalihan tersebut, pemerintah daerah melakukan berbagai persiapan yang diperlukan mulai dari sistem, dasar hukum, SDM, hingga bentuk kerja sama yang dijalin dengan pihakĀ–pihak eksternal.









Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang bersifat deskriptif analitis yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara tertulis mengenai pengelolaan dan pemanfaatan pajak daerah di kantor DPPKAD Kota Sukabumi.









Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa persiapan yang dilakukan oleh DPPKAD Kota Sukabumi yang dalam hal ini dilaksanakan oleh UPT PBB sudah mencapai 95%, diamana 5% sisanya adalah terbentur masalah Ā– masalah non teknis.









Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Sukabumi dalam melakukan upaya penyelesaian masalah yang ada harus dilakukan ekstensifikasi, intensifikasi, sosialisasi dan observasi secara berkala demi tercapainya target pendapatan dari pajak daerah khususnya PBB

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUMMIPP
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Contact Nametiyanti_sundari@yahoo.com
AddressJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
CitySukabumi
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone
Fax
Administrator E-mailtiyanti_sundari@yahoo.com
CKO E-mailtiyanti_sundari@yahoo.com