Print ...

Kontributor...

  • Editor: Yanti Sundari

Path: Top Jurnal Biodik

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWAPADA SUB POKOK MATERI HEWAN INVERTEBRATA

Jurnal Biodik Vol. I No.1 Januari 2013
Journal from JBPTUMMIPP / 2014-05-19 18:23:34
Oleh : Aminah(1); Sistiana Windyariani(2); Dedi Prayitno(2) (1)Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMMI (2)Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-08, dengan 0 file

Keyword : Model Pembelajaran Examples Non Examples, berpikir kritis

ABSTRAK:
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran Examples Non Examples pada konsep hewan invertebrata. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Surade kelas X3 dan X5 semester genap dengan jumlah siswa 36 orang (kelas eksperimen) dan 41 orang (kelas kontrol). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Non-Randomized Pre-test Pos-test Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan berfikir kritis bentuk uraian sebanyak 10 soal sebagai sumber data utama dan lembar observasi sebagai data penunjang. Kemampuan berfikir kritis yang dijaring dari instrumen yaitu meliputi ke lima aspek indikator berfikir kritis menurut Ennis (1985). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa di kelas eksperimen (yang menggunakan model Examples Non Examples) mengalami peningkatan dari rata-rata nilai tes awal 53,4 meningkat menjadi 74,6. Hasil dari uji hipotesis menunjukan bahwa Thitung = 19,85 dan untuk harga Ttabel = 2,65 karena Thitung lebih besar Ttabelyang berarti H0 ditolak, dengan ditolaknya H0 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Examples Non Examples terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK:
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran Examples Non Examples pada konsep hewan invertebrata. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Surade kelas X3 dan X5 semester genap dengan jumlah siswa 36 orang (kelas eksperimen) dan 41 orang (kelas kontrol). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Non-Randomized Pre-test Pos-test Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan berfikir kritis bentuk uraian sebanyak 10 soal sebagai sumber data utama dan lembar observasi sebagai data penunjang. Kemampuan berfikir kritis yang dijaring dari instrumen yaitu meliputi ke lima aspek indikator berfikir kritis menurut Ennis (1985). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa di kelas eksperimen (yang menggunakan model Examples Non Examples) mengalami peningkatan dari rata-rata nilai tes awal 53,4 meningkat menjadi 74,6. Hasil dari uji hipotesis menunjukan bahwa Thitung = 19,85 dan untuk harga Ttabel = 2,65 karena Thitung lebih besar Ttabelyang berarti H0 ditolak, dengan ditolaknya H0 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Examples Non Examples terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com