Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Skripsi S1 2015 FIAH ADMINISTRASI PUBLIK

PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LEMBURSITU KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-11-06 21:30:46
Oleh : Andrea Nopianti, S1 Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-11-06, dengan 2 file

Keyword : Disiplin Kerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Kesehatan

ABSTRAK

Permasalahan yang ditemukan di tempat penelitian adalah sebagai berikut: 1. Pegawai Puskesmas Lembursitu pada bagian pendaftaran kurang cepat tanggap. 2. Pelayanan kepada pasien belum sesuai dengan prosedural. 3. Dokter tidak tepat waktu dalam melayani pasien. 4. Tenaga medis Puskesmas Lembursitu kurang empati dalam memberikan pelayanan. 5. Kurangnya tempat duduk pasien dan kondisi lantai sangat kotor. Teori disiplin kerja pegawai digunakan sebagai acuan Menurut Hariandja dan teori kualitas pelayanan kesehatan Menurut Parasuraman, dalam Muninjaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survey, tingkat eksplanasinya asosiatif dan jenis data yang dipergunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Jumlah anggota populasi sebanyak 2838 orang, yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 97 orang. Untuk menghitung angket, peneliti menggunakan skala likert, untuk menguji validitas tiap butir instrumen peneliti menggunakan rumus korelasi product moment dan menguji reliabilitas menggunakan spearman brown.

Hasil penelitian ini adalah bahwa disiplin kerja pegawai kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Lembursitu Kota Sukabumi sudah cukup baik, hasil pengujian validitas dan reliabilitas angket untuk seluruhnya valid, hipotesis penelitian diterima, sesuai dengan hasil perhitungan koefisien korelasi antara disiplin kerja pegawai dengan kualitas pelayanan kesehatan yang mendapatkan 0,61 dengan kategori kuat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan ksehatan sebesar KD= 37,21%, analisis regresi Y’=21,55 + 0,58 X, dan uji hipotesis sebesar 7,52.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com