Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Sani Zulviah

Download...

Path: Top » Jurnal » UMMI » 2016 » Volume X, Nomor 3, Desember 2016

PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN MAHASISWA MELALUI KEGIATAN PEER MENTORING

Vol.1 no.1 Nov tahun 2015; ISSN : 2460-576X
Journal from JBPTUMMIPP / 2017-05-08 07:16:36
Oleh : Andri Moewashi Idharoel Haq *), Prahasti Suyaman *), Leonita Siwiyanti *), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2016-11-25, dengan 2 file

Keyword : Peer mentoring, Kemampuan membaca Al-Quran

Abstrak




Target Sasaran Mutu Universitas Muhammadiyah Sukabumi salah satunya adalah 100% mahasiswa tuntas Baca Tulis Al-Quran, yang berarti seluruh mahasiswa UMMI harus bisa membaca Al-Quran.




Terbatasnya jumlah dosen (AIK) dalam melaksanakan bimbingan membaca Al-QurÂ’an menyebabkan proses bimbingan membaca Al-Quran yang selama ini dilaksanakan dalam perkuliahan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di dalam kelas masih belum efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca Al-QurÂ’an mahasiswa baru selama 2 tahun (2014/2015 dan 2015/2016).




Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan subjek penelitian mahasiswa baru sebanyak 1174 mahasiswa dan 90 mentor. Metode mentoring membaca Al-Quran oleh peer mentor (mentor sebaya) yang dipilih, menjadi katalisator, dinamisator, dan motivator dalam kelompok-kelompok kecil bagi mahasiswa baru tahun akademik sehingga diharapkan pembimbingan membaca Al-Quran menjadi lebih efektif dan tercapainya sasaran mutu UMMI.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com