Print ...

Kontributor...

  • Editor: Sani Zulviah

Path: Top Jurnal ADHUM 2016 Vol.6 No.1

Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Tunanetra di SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi

ISSN : 2088-4486; Vol.VI No.1 Januari 2016
Journal from JBPTUMMIPP / 2017-05-10 04:38:15
Oleh : Aris Juliansyah, Perpustakaan Pusat UMMI
Dibuat : 2017-05-10, dengan 1 file

Keyword : komunikasi guru, rasa percaya diri, siswa tunanetera

Abstrak


Siswa berkebutuhan khusus dalam hal ini gangguan dalam segi visual atau biasa dikcnal dengan istilab lunanetra memerlukan metode pembelajaran dan pendekatan yang berbeda dengan siswa normal pada umumrrya. Dengan kekurangan yang dimiliki sangat berpengaruh terhadap rasa percqya ikrirtya. Penelitian JB benujuan untuk mengelahui komumkasi guru dalam dalam menumbuhkan rasa percaya dm siswa lunanetra di SLB A Budr Nurani Kola Sukabumi. Subjek dalam peneatian ini adalah guru dan siswa lunanetra. Guru berjumlah 10 orang dan siswa berjumlah 5 orang. Pengumpulan data melalui wawancara, fbsevasi partisipatif dan studi auralur. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan kategori. Diketabui bahwa komumkasi yang dilakukan guru krhadap siswa lunanetra Ixrperan periling dalam menumbuhkan rasa percaya din. Terbukti siswa SLB A Budi Nurani memiiki prestasi akademik dan non tkademik walaupun perhatian orang tua sangat minim. Mayoritas siswa SLB A Budi Nurani tinggai di asrama. Guru menjadi orang terdekat menggatikan peran orang tua dikarenakan intensitas pertemuan. Guru berime raksi dengan siswa di dalam kelas dan di luar kelas. Komumkasi yang hangal melahd xntuhati psikologi sangat dibit luhkan siswa pada saat pembelajaran denn terdptanya suasana kelas yang nyaman. Metode pembelajaran di kelas dilakukan neialm diskusi, tanyajawib dan belajar diluar. Sedangkan pembelajaran diluar kelas metiputi kcterampilan bermusik, massage dan nirausaba.

Deskripsi Alternatif :

Abstrak


Siswa berkebutuhan khusus dalam hal ini gangguan dalam segi visual atau biasa dikcnal dengan istilab lunanetra memerlukan metode pembelajaran dan pendekatan yang berbeda dengan siswa normal pada umumrrya. Dengan kekurangan yang dimiliki sangat berpengaruh terhadap rasa percqya ikrirtya. Penelitian JB benujuan untuk mengelahui komumkasi guru dalam dalam menumbuhkan rasa percaya dm siswa lunanetra di SLB A Budr Nurani Kola Sukabumi. Subjek dalam peneatian ini adalah guru dan siswa lunanetra. Guru berjumlah 10 orang dan siswa berjumlah 5 orang. Pengumpulan data melalui wawancara, fbsevasi partisipatif dan studi auralur. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan kategori. Diketabui bahwa komumkasi yang dilakukan guru krhadap siswa lunanetra Ixrperan periling dalam menumbuhkan rasa percaya din. Terbukti siswa SLB A Budi Nurani memiiki prestasi akademik dan non tkademik walaupun perhatian orang tua sangat minim. Mayoritas siswa SLB A Budi Nurani tinggai di asrama. Guru menjadi orang terdekat menggatikan peran orang tua dikarenakan intensitas pertemuan. Guru berime raksi dengan siswa di dalam kelas dan di luar kelas. Komumkasi yang hangal melahd xntuhati psikologi sangat dibit luhkan siswa pada saat pembelajaran denn terdptanya suasana kelas yang nyaman. Metode pembelajaran di kelas dilakukan neialm diskusi, tanyajawib dan belajar diluar. Sedangkan pembelajaran diluar kelas metiputi kcterampilan bermusik, massage dan nirausaba.

Copyrights : Copyright � 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiPerpustakaan Pusat UMMI
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com