Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top » Skripsi S1 » 2015 » F.PERTANIAN » AGRIBISNIS

SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN MENTIMUN (CUCUMIS SATIVUS L) DI DESA UNDRUS BINANGUN KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-11-12 22:55:35
Oleh : ASÂ’ARI ABDUL GANI, S1 Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-11-12, dengan 1 file

Keyword : Harga, saluran, margin, biaya dan keuntungan pemasaran

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran saluran dan margin pemasaran mentimun di Desa Undrus Binangun Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode survey, pengambilan sampel untuk petani produsen dilakukan secara judgement sampling, dimana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuisioner ataupun wawancara.Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampel petani mentimun yang ada di Desa Undrus Binangun sebanyak 45 orang. Sedangkan untuk pedagang perantara dilakukan secara purposive dengan teknik snowball sampling. Data diolah secara deskriptif dan menggunakan rumus margin, biaya dan keuntungan pemasaran.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe saluran yang ada di Desa Undrus Binangun kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi terdapat tiga macam saluran pemasaran yaitu : Tipe I : Petani - Pedagang pengepul - Pedagang besar - Pedagang pengecer konsumen, Tipe II : Petani - Pedagang besar - Pedagang pengecer – konsumen, Tipe III : Petani - Pedagang pengecer – konsumen.

Nilai margin pemasaran mentimun di Desa Undrus Binangun ditingkat pengepul pada saluran pemasaran I adalah Rp 500,-/kg. Nilai marjin pemasaran di tingkat Pedagang besar pada saluran pemasaran II adalah 500,-/kg dan nilai margin di tingkat pedagang pengecer pada saluran pemasaran III adalah Rp 1000-2000,-/kg. Besarnya biaya pemasaran mentimun yang harus dikeluarkan oleh pengepul adalah Rp 260,-/kg pada saluran pemasaran I. Sedangkan biaya pemasaran yang harus dikeluarkan oleh Pedagang besar adalah Rp 180,-/kg pada saluran pemasaran II dan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh pedagang pengecer pada saluran pemasaran III adalah Rp 200,-/kg pada saluran pemasaran III. Besarnya keuntungan yang diterima pengepul adalah sebesar Rp 240,-/kg pada saluran pemasaran I, sedangkan besarnya keuntungan yang diterima Pedagang besar adalah Rp 320,-/kg pada saluran pemasaran II dan besarnya keuntungan pedagang pengecer adalah Rp 1800,-/kg pada saluran pemasaran III.

Hasil penelitian dan perhitungan dari beberapa lembaga pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran yang memberikan harga yang yang lebih tinggi kepada petani adalah saluran pemasaran III dengan harga Rp 1000,-/kg, sedangkan saluran pemasaran I dan II memberikan harga Rp 500,-/kg. selisih harga antara saluran I dan III yaitu Rp 1000,-/kg.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com