Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Jurnal UMMI 2011 Vol. VI No.1

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pasar Tradisional di Kabupaten Sukabumi

Jurnal UMMI. Vol. VI, No.1, April 2011
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 11:06:42
Oleh : Asep M Ramdan, SE., MM., Dosen Tetap Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-05, dengan 1 file

Keyword : Faktor,Kinerja,Pasar Tradisional

ABSTRAK




Dalam upaya penguatan dan pengembangan pasar tradisional dan pencapaian tujuan-tujuan tersebut di atas, diperlukan suatu kajian yang komprehensif, terutama untuk menggali berbagai permasalahan dan akar masalahnya, menggali potensi pasar tradisional dan merancang strategi penguatan dan pengembangan pasar tradisional di Kab. Sukabumi. Sebagai upaya dalam mendukung perencanaan dan evaluasi Program pasarbdiperlukan sebuah penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pasar tradisional di kabupaten Sukabumi




Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktr Yang mempengaruhi Kinerja Pasar Tradisional serta untuk mengetahui besarnya Yang mempengaruhi Kinerja Pasar Tradicional.Metode penelitian yang digunakan adalah Eksploratif dan survey explanatory, yaitu suatu metode yang tidak hanya melihat gambaran umum dari variabel atau antar variabel, tetapi juga melihat apakah terdapat pengaruh antara variabel dalam penelitian ini serta sejauhmana pengaruh tersebut ada.




Hasil penelitian ini adalah Faktor Variable Demand (permintaan) mempengaruhi kinerja pasar tradisional sebesar 29%, hal ini ditandai dengan koefisien regresi sebesar positif 0,29. Artinya setiap perbaikan dan peningkatan 1% pada variable permintaan akan meningkatkan kinerja pasar sebesar 29%. Variabel Supply (penawaran), secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 11%. Artinya apabila terjadi kenaikan supply sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 11%.Variabel Infrastruktur dan Fasilitas, secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 12%. Artinya apabila terjadi perbaikan pada infrastruktur dan fasilitas sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 12%.Variabel Perekonomian, secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 21%. Artinya apabila terjadi kenaikan pertumbuhan perekonomian masyarakat sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 21%.Variabel Sosial Budaya, secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 12%. Artinya apabila terjadi perubahan dan perbaikan pada kondisi social budaya masyarakat sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 12%. Variabel Personal Initiation, secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 19%. Artinya apabila inisiatif untuk mengembangkan pasar tradisional mengalami kenaikan sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 19%.Variabel Regulasi, secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 3.4%. Artinya apabila regulasi tentang pasar tradisional mengalami perbaikan sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 3.4%.Variabel Manajemen Pengelolaan pasar, secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja pasar sebesar 3,3%. Artinya apabila manajemen pengelolaan pasar diperbaiki sebesar 1% akan meningkatkan kinerja pasar tradisional sebesar 3,3%.




Secara keseluruhan variab-variabel tersebut dapat menjelaskan kinerja pasar sebesar 48%. Artinya masih terdapat 52% variable lain yang mempengaruhi kinerja pasar tradisional yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com