Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Jurnal UMMI 2011 Vol. VI No.1

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA IMPLIKASINYA PADA CITRA PARIWISATA KAWASAN WISATA PALABUAN RATU KABUPATEN SUKABUMI 2009

Jurnal UMMI. Vol.VI, No.1, April 2011
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 11:07:30
Oleh : ASEP MUHAMAD RAMDAN,SE., MM. Dosen Tetap Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-05, dengan 1 file

Keyword : Kualitas jasa, Kepuasan Wisatawan, Citra Pariwisata

ABSTRAK




Kawasan wisata Palabuan Ratu Kabupaten Sukabumi dengan 14 Objek wisata merupakan kawasan wisata unggulan dibandingkan dengan 3 kawasan lainnya, permasalahan yang dihadapi adalah citra pariwisata yang kurang baik, hal ini dapat dilihat dari anggapan wisatawan seperti sampah berserakan, penataan kios yang semrawut, kualitas jalan menuju lokasi objek wisata kurang baik serta macet, terbatasnya sarana komunikasi, perlatan modern yang menunjang kepariwisataan kurang memadai, keamanan yang kurang serta prilaku petugas yang kurang jujur diduga penyebabnya adalah kepuasan wisatawan serta Kualitas Jasa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk Menegetahui besarnya pengaruh Kualitas Jasa terhadap citra, menegetahui Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Wiastawan, menegetahui pengaruh Kepuasan wisatwan terhadap citra pariwisata, menegetahui Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Kepuasan wisatwan serta citra pariwisata.




Objek pada penelitian ini Kualitas Jasa (variabel X), Kepuasan Konsumen (variabel Y) serta Serta Citra Perusahaan (Variabel Z). Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriftif dan survey explanatory, yaitu suatu metode yang tidak hanya melihat gambaran umum dari variabel atau antar variabel, tetapi juga melihat apakah terdapat pengaruh antara variabel dalam penelitian ini serta sejauhmana pengaruh tersebut ada, sedangkan desain penelitan adalah kasualitas dengan tipe penyelidikan verifikatit.



Teknik analisa data mulai dari penyususnan data, tabulasi data hingga pengujian, untuk pengujian, karena menggunakan metode analisys verifikatif maka digunakan pengujian dengan path anailsys dengan persyaratan data sekurang-kurangnya berupa data interval.




Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hubungan variabel Kualitas jasa terhadap Kepuasan sebesar, 0,725, sedangkang pengaruh Jasa terhadap citra pariwisata sebesar, 0.412, besarnya pengaruh Kepuasan wisatan terhadap Citra Pariwisata sebesar, 0.231 dan besarnya pengaruh Jasan dan Kepuasan terhadap Citra Pariwisata Secara bersama sebesar 0,347 atau 34.7 % sedangkan sisanya sebersar 0.653 atau 65.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa Kualitas Jasa dan Kepuasan wisatawan dapat mempengaruhi Citra Pariwisata, walaupun yang paling dominan berpengaruh terhadap Citra Pariwisata pada penelitian ini adalah Kualitas Jasa.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com