Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Jurnal Jurnal-Jurnal

Studi Tinjau Kawasan Sentra Produksi Komoditas Tanaman Pangan, Sayuran, dan Buah-buahan pada Berbagai Agroekosistem di Kab. Sukabumi

Jurnal Tekonologi- Fakultas Teknik Universitas Pakuan, Vol.II edisi 16 periode Jan-Juni 2010
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-07-27 12:24:12
Oleh : Ashrul Tsani , E.priyatna, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-08, dengan 2 file

Keyword : Kabupaten Sukabumi, Komoditas Unggulan

Abstrak

Perubahan lingkungan strategis, khususnya bidang pertanian dapat dipandang sebagai daya tarik eksternal untuk menggali potensi pertanian dan didorong ke konsep pertanian yang berwawasan agribisnis. Hal tersebut sangat relevan jika dikaitkan dengan kondisi geografis, topografi, potensi lahan dan sumberdaya manusia yang dimiliki Kabupaten Sukabumi.

Kondisi geografis dan administratif Kabupaten Sukabumi mempunyai posisi yang menguntungkan untuk mengembangkan ekonomi regional, terutama yang berkaitan dengan aspek produksi ekonomi berbahan baku lokal, baik untuk pengadaan sarana produksi maupun pemasaran hasil produksi pertanian. Pengembangan sentra produksi tanaman pangan dan hortikultura di Kabupaten Sukabumi, dapat dilakukan melalui pemantapan sentra produksi yang sudah ada untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditas tanaman pangan dan hortikultura di wilayah-wilayah sentra produksi.


Hasil analisis menunjukkan bahwa komoditas unggulan di Kabupaten Sukabumi untuk tanaman sayuran adalah cabe, kacang panjang dan tomat sedangkan untuk tanaman buah-buahan adalah durian, mangga, pepaya dan rambutan.


Berdasarkan penetapan KSP, maka diketahui kawasan sentra produksi tomat di tempatkan di kecamatan Gegerbitung, Sukabumi, Kadudampit dan Sukaraja dengan luas kesesuaian lahan 602 Ha, cabe di kecamatan Gegerbitung, Sukabumi dan Caringin 494,4 Ha, kacang panjang di kecamatan Palabuhanratu dan Nagrak 2.893 Ha, durian di kecamatan Ciemas, Cikidang dan Cikakak 4.283,5 Ha, mangga di Kecamatan Surade 4.871 Ha, rambutan di kecamatan Warungkiara dan Cikembar 2.584 Ha dan pepaya di kecamatan Parakansalak, Bojonggenteng dan Kalapanunggal 1.686,4 Ha.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com