Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

TINJAUAN TENTANG PENETAPAN DAN PROSEDUR PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 10:18:18
Oleh : Asri Syaripah [D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Penetapan, Prosedur Pembayaran Pajak Kendaraan

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Asri Syaripah dengan Nomor Induk Mahasiswa 045121111037 dengan judul “TINJAUAN TENTANG PENETAPAN DAN PROSEDUR PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KOTA SUKABUMI” dibawah bimbingan Elan Eriswanto, S.E,. M.M dan Tanti Agustiani, M.Hum. Laporan ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di Kantor Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Wilayah Kota Sukabumi.

Untuk melaksanakan penetapan pengenaan pajak kendaraan bermotor, pemerintah tidak selalu berhasil karena terjadi suatu kendala atau masalah, seperti banyaknya pemilik kendaraan bermotor yang tidak taat pajak, selain pemerintah pemilik kendaraan bermotor juga terkadang mengalami masalah yaitu dengan adanya kenaikan tarif pajak kendaraan bermotor dari tahun ke tahun. Kemudian untuk prosedur pembayaran pajak itu sendiri, wajib pajak harus melalui beberapa loket ketika mengesahkan STNK. Sistem ini cukup sulit dimengerti oleh wajib pajak yang baru pertama kali membayar pajak kendaraan. Wajib pajak yang sebelumnya sudah pernah membayar pun juga sering kali tidak mengerti. Dalam hal ini siapa yang dikenakan pajak, kapan dikenakan pajak, berapa jumlah pajak yang harus dibayar sesuai tarif pajak yang ditentukan berdasarkan undang -undang nomor 54 tahun 2013 tentang pajak daerah dan retribusi daerah khususnya pajak kendaraan bermotor.

Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian laporan tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu menggunakan pencairan fakta dengan interprestai yang tepat. Penelitian deskriptif dilakukan guna mempelajari bahwa masalah-masalah dalam masyarakat, termasuk tentang hubungan kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa penetapan pajak kendaraan bermotor terdiri dari dua hal yaitu pokok pajak dan SWDKLLJ. Pokok pajak di dapat dengan mengkalikan tarif (1.75%) dengan dasar pengenaan. SWDKLLJ terdiri dari Kartu Dana/Sertifikat (KD/SERT) sebesar Rp. 3.000 dan tarif SWDKLLJ yang mengacu pada tabel SWDKLLJ. Prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui beberapa loket. Dalam pelaksanaannya, Penetapan pajak kendaraan bermotor dan prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor masih kurang berjalan sebagaimana mestinya. Kendala dalam pelaksanaan prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor masih belum ditemukan penanggulangan yang tepat namun setidaknya petugas sudah mencoba untuk meminimalisir segala kendala yang terjadi.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com