Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Jurnal Ekonomi 2013

PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RETURN ON INVESMENT (ROI) PADA UKM KRIPIK SINGKONG SEHI PERIODE 2010-2012

Ekonomi volume 2 Edisi 3 Hal. 8
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-27 09:08:53
Oleh : Astri Winarti, Sulaeman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-27, dengan 1 file

Keyword : Perputaran Persediaan dan Return on Invesment (ROI)



Usaha keripik singkong SEHI merupakan perusahaan home industri atau usaha kecil menengah yang didirikan oleh Kuswanda pada tahun 1988. Perusahaan yang menghasilkan produk seperti UKM kripik singkong SEHI ini membutuhkan informasi seberapa besar dana atau pengeluaran dalam membiayai produk kripik singkong yang dihasilkan tersebut yang kemudian akan dipasarkan. Informasi yang dibutuhkan ini terdapat di dalam laporan keuangan, karena laporan keuangan.

Selain laporan keuangan, laporan persediaan yang dimiliki oleh perusahaan sangat penting karena persediaan merupakam harta perusahaan yang menggunakan dana perusahaan yang paling besaryang nantinya akan dijual untuk memperoleh laba. Persediaan merupakan komponen utama dari barang yang dijual, oleh karena itu semakin tinggi persediaan berputar semakin efektif perusahaan dalam mengelola persediaan.

Tujuan utama dari setiap perusahaan adalah meningkatkan profitabilitas perusahaan agar operasional perusahaan dapat terus berjalan. Dengan demikian setiap perusahaan tentunya akan selalu berusaha untuk meningkatkan profitabilitasnya. Adapun ukuran profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah return on invesment.

Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa uji regresi linear sederhana,koefisien determinasi dan uji hipotesis yang berupa uji t. Dimana uji regresi dalam penelitian ini menghasilkan persamaan Ŷ = 0,070 –3,0940X + e, dengan koefisien determinasi sebesar 1,2% dengan keeratan 0,111 yang artinya mempunyai pengaruh yang sangat lemah karena berada pada rentang 0,00-0,199. Selain itu hasil analisis pada pengujian hipotesis yaitu uji t secara parsial menunjukkan thitung< ttabel(-0,653 < 2,032) maka hipotesis tidak dapat diterima, ini menunjukkan perputaran persediaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return on invesment (ROI).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com