Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGENAAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (BPHTB) DALAM JUAL BELI DI UPT PBB-P2 DAN BPHTB DPPKAD KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 10:29:48
Oleh : Dani Febriansyah (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pengenaan, Bea Perolehan, Jual Beli

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Dani Febriansyah, 045121111043 dengan judul “TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGENAAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (BPHTB) DALAM JUAL BELI DI UPT PBB-P2 DAN BPHTB DPPKAD KOTA SUKABUMI”. Laporan Tugas Akhir ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang Program Studi Perpajakan Diploma III.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pengenaan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan ( bphtb ) dalam jual beli di upt pbb-2 dan bphtb dppkad kota sukabumi, mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaannya dan cara penyelesaian terhadap hambatan-hambatan tersebut.

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam Laporan Tugas Akhir adalah Metode Deskriptif . Metode deskriftif yaitu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun kelas peristiwa pada masa sekarang.

Tata cara jual beli yang benar yaitu dengan adanya pembuat Akta Jual Beli tanah yang di lakukan oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) ketika transaksi jual beli berlangsung. PPAT adalah pejabat yang ditunjuk oleh kepala badan pertanahan nasional yang diberi kewenangan untuk membuat Akta Jual Beli sesuai peraturan yang berlaku.

Dalam pelaksanaan transaksi jual beli terdapat berbagai macam hambatan yang muncul. Pemohon masih ada yang belum mengetahui secara jelas tentang jual beli, kurangnya pemahaman tentang jual beli. Kurangnya pemahaman terhadap wajib pajak yang ingin melakukan transaksi jual beli dan sanksi yang jelas sudah diatur dalam Undang-undang

Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikannya yaitu melakukan sosialiasi tentang pentingnya melakukan transaksi jual beli dengan baik dan benar kepada masyarakat, melakukan koordinasi dengan instansi yang melakukan pengawasan yaitu UPT PBB-P2 BPHTB DPPKAD dan membuat permohonan kepada pemerintah daerah untuk memperjelas sanksi bagi wajib pajak yang masih tidak melakukan transaksi jual beli dengan baik dan benar.










Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com