Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Sani Zulviah

Download...

Path: Top Prosiding 2014

Pengklasifikasian Kata Berdasarkan Kesanggupan Kata Mengisi Unsur Pusat Dalam Frasa Endosentrik

ISBN : 978-602-98483-7-3
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2016-11-02 11:58:52
Oleh : Deden Ahmad Supendi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2016-11-02, dengan 3 file

Keyword : Klasifikasi kata, frasa endosentris, unsur pusat, dan atribut

Abstrak




Penelitian ini berawal dari permasalahan kebahasaan, terutama dalam bidang kajian morfologi bahasa Indonesia. Dalam tata bahasa nontradisional, kata diklasifikasikan berdasarkan perilaku kata dalam bahasa Indonesia, sehingga kata-kata diklasifikasikan berdasarkan perilaku kata dalam frasa, dan klausa.



Dalam hal ini peneiiti memfokuskan kajian pada pengklasifikasian kata berdasarkan kesanggupannya mengisi unsur pusat (UP) dalam frasa endosentris. Di dalam bahasa Indonesia, terdapat kata yang dapat mengisi unsur pusat, dan ada pula yang tidak dapat. Kategori kata dapat diklasifikasikan berdasarkan kesanggupan mengisi unsur pusat dalam frasa.


dibagi tiga, yaitu (1) kategori kata pengisi unsur pusat; (2) kategori kata pengisi atribut; dan (3) kategori kata penghubung (konjungsi). Kategori kata pengisi unsur pusat terdiri atas verba, nomina, adjektiva, ronomina, numeralia, dan demonstrativa. kategori kata yang memiliki kesanggupan mengisi atribut dalam frasa endosentris terdiri atas verba, nomina, pronomina, adjektiva, numeralia, preposisi, adverbia, interogativa, demonstrativa, artikula, dan preposisi. Ada pula kategori kata yang tidak dapat mengisi unsur pusat, dan atribut dalam frasa endosentris yaitu konjungsi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com