Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing :

    Endang Tri Astutiningsih, SP.,MP.

    Ema Hilma Meilani, SP.,MP., Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top » Skripsi S1 » Pertanian » Agribisnis » Tahun 2013

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DAGING AYAM RAS, DI PASAR CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI

FactorÂ’s Influence Behavior Consumer Broiler Meat at Cibadak Market. Sukabumi Regency.

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2014-03-21 12:11:04
Oleh : Dekris Septiana Rahmat, NIM : C1A0901003, S1 Agribisnis UMMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-03-21, dengan 1 file

Keyword : Budaya

ABSTRAK

DEKRIS SEPTIANA RAHMAT. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Daging Ayam Ras di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi. Dibimbing oleh ENDANG TRI ASTUTININGSIH dan EMA HILMA MEILANI.

Peningkatan daya beli dan konsumsi daging ayam ras di Indonesia, mengindikasikan bahwa jenis komoditi pangan hewani ini sangat diminati masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau, mudah diperoleh dan tersedia secara terus menerus. Pada dasarnya konsumsi masyarakat Indonesia masih didominasi oleh bahan makanan berkarbohidrat dibanding bahan makanan berprotein asal hewan khususnya daging ayam ras. Melihat kondisi tersebut, maka penelitian ini membahas mengenai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen daging ayam ras yaitu budaya, kondisi sosial, psikologis dan kepribadian konsumen.

Penelitian ini dilakukan di Pasar Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, kondisi sosial, psikologis dan kepribadian konsumen terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian daging ayam ras. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan diolah dengan program SPSS Versi 19. Unit analisis adalah konsumen yang membeli daging ayam ras di Pasar Cibadak. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 50 orang dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien dertiminasi/R² sebesar 0,472 yang berarti bahwa 47,2% perilaku konsumen dijelaskan oleh faktor budaya, kondisi sosial, psikologis, dan kepribadian konsumen. Secara simultan faktor budaya, kondisi sosial, psikologis, dan kepribadian konsumen secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen dalam pembelian daging ayam ras, sedangkan secara parsial menunjukan budaya, sosial, dan kepribadian berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen. Sedangkan faktor psikologis berpengaruh tidak nyata terhadap perilaku konsumen daging ayam ras.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRACT

DEKRIS SEPTIANA RAHMAT. 2013. FactorÂ’s Influence Behavior Consumer Broiler Meat at Cibadak Market. Sukabumi Regency. Guided by : ENDANG TRI ASTUTININGSIH and EMA HILMA MEILANI.

The improvement of buying and consumption of chicken meat broiler in Indonesia, indicate this kind of food is popular in Indonesian community because of its this food is verymuch popular in the community because of its relatively low price, easy to get and exists ready continually. Basicly Indonesian community consumption is still dominated by food of high carbohidrat compared the foodstuff with high protein from the animal especially chicken meat broiler. Seeing such condition, that investigation on the consumerÂ’s behavior they are : culture, social condition, psychology and the consumerÂ’s personality.

This research wasdone at Cibadak Market Sukabumi Regency. This research was aimed to get a cultural influence, social condition, psychology and personality of the consumers on the consumerÂ’s behaviour in the siding to buy chicken meat broiler. The analytical used in this project is multiple linear regression with SPSS program version 19. The analytical is consumer buying chicken meat broiler at Cibadak Market. Mean while the sample used as many as 50 people with the method of purposive sampling.

The results of the research shows the magnitude coefficient determination/R² as 0.472 meaning that 47.2% behaviour is determined by culture, social condition, psychology and the consumer personality. Simultanly cultural factor, social condition, psychology, and the consumer personality simultanly significantly affect consumer’s behaviour in buying chicken meat broiler, while partially the result of research show cultural, social condition and personality factor affect clearly on consumer’s behaviour. while psychology factors’s influence no real effect on chicken meat consumer’s chicken meat behaviour. While the influence of psychological factors on consumer behavior is not real chicken meat

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com