Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Skripsi S1 2015 FIAH SASTRA INGGRIS

ANALISIS LAPIS BUNYI DALAM LIMA LAGU ALBUM THIS WAY KARYA JEWEL KILCHER

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-11-12 21:09:58
Oleh : Denti Triwanti, S1 Sastra Inggris, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-11-12, dengan 2 file

Keyword : Lapis Bunyi, lagu

ABSTRAK



Lagu merupakan perpaduan antara kata dan bunyi, serta puisi dan musik. Lagu memiliki penjiwaan atau dramatisasi dari isi cerita sebuah puisi. Penulis meneliti lagu yang diambil dari album This Way karya Jewel Kilcher, karena penulis menyukai semua lagu yang berada di dalam album ini. Selain itu album ini berisikan lagu-lagu cinta yang cukup terkenal.


Lapis bunyi yang dijadikan analisis yaitu unsur aliterasi, asonansi dan anomatop. Aliterasi merupakan pengulangan awalan bunyi konsonan. Asonansi merupakan pengulangan bunyi vokal. Anomatop merupakan pembentukan kata yang bunyinya terkesan bermakna. Dalam menganalisis lapis bunyi seperti bunyi vokal dan bunyi konsonan diberikan penjelasan melalui phonetic transcription atau tulisan fonetik. Pada penelitian ini penulis memiliki landasan teori yang dijadikan sebagai acuan dalam menganalisis lapis bunyi, seperti teori Laurence Perrine dan M. H. Abrams yang kemudian ditunjang oleh teori-teori dari N. F. Blake, Daniel Jones, Carol Kimball, Jonathan Culler, Malcolm O. Sillars, Gyros Keraff, Atar Semi, Rahmat Joko Pradopo, serta Mulyana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan ekspresif. Sumber data berasal dari kumpulan lagu dalam album This Way, yaitu Standing Still, Break Me, Serve The Ego, Cleveland, dan This Way.


Hasil dari analisis lapis bunyi, peneliti mendapatkan 20 data aliterasi, 17 data asonansi dan 3 data anomatop. Jewel banyak menggunakan unsur aliterasi pada lagu-lagunya yang mana bunyi konsonan menunjukkan makna perjuangan dalam mempertahankan cinta. Selain lapis bunyi dalam menganalisis lagu terdapat pula makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh pencipta. Dalam lima lagu tersebut penulis menyimpulkan makna yang terkandung di dalamnya, yaitu mengenai perjuangan untuk mencintai seseorang. Sedangkan pesannya yaitu bahwa sebagai manusia jangan mudah menyerah dalam keadaan apapun karena waktu yang akan menjawaab semua penantian manusia.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com