Print ...

Kontributor...

  • Editor: Yanti Sundari

Path: Top » Jurnal » Biodik

PENGGUNAAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN FIELD TRIP DALAM KONSEP EKOSISTEM

Jurnal Biodik Vol. II No.1 Januari 2012
Journal from JBPTUMMIPP / 2014-05-19 18:14:18
Oleh : Dewi Ratna Wulan(1), Sistiana Windyariani(2), Eris Rustandi(2) (1)Alumni Pendidikan Biologi FKIP UMMI, (2)Dosen Pendidikan Biologi FKIP UMMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-08, dengan 0 file

Keyword : asesmen kinerja, keterampilan proses sains, field trip

ABSTRAK:
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Asesmen Kinerja untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Kegiatan Pembelajaran Field Trip dalam Konsep Ekosistem” Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengkaji kinerja keterampilan proses sains siswa pada kegiatan pembelajaran di luar kelas (field trip) melalui penerapan asesmen kinerja (performance assessment). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.6 SMAN 2 Kota Sukabumi. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi yang didasarkan pada tugas (task) dan kriteria penilaian (rubrik) untuk menilai kinerja keterampilan proses sains siswa serta angket yang digunakan untuk memperoleh informasi dari siswa mengenai tanggapannya tentang asesmen kinerja yang dilakukan dalam kegiatan field trip. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistika deskriptif menggunakan persentase, kemudian dikelompokkan untuk menentukan kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Berdasarkan penilaian batas lulus ideal, nilai persentase terbesar diperoleh kesimpulan bahwa kinerja siswa dalam keterampilan mengobservasi dikategorikan sangat baik (66,1%). Untuk kinerja siswa dalam mengklasifikasi dikategorikan baik (43,5%). Begitupun dengan kinerja siswa dalam menginterpretasi hasil pengamatan dikategorikan baik (35,5%) dan untuk keterampilan memprediksi dikategorikan kurang (35,5%). Sedangkan untuk kinerja siswa dalam berkomunikasi dikategorikan sangat baik (31,2%).

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK:
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Asesmen Kinerja untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Kegiatan Pembelajaran Field Trip dalam Konsep Ekosistem” Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengkaji kinerja keterampilan proses sains siswa pada kegiatan pembelajaran di luar kelas (field trip) melalui penerapan asesmen kinerja (performance assessment). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.6 SMAN 2 Kota Sukabumi. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi yang didasarkan pada tugas (task) dan kriteria penilaian (rubrik) untuk menilai kinerja keterampilan proses sains siswa serta angket yang digunakan untuk memperoleh informasi dari siswa mengenai tanggapannya tentang asesmen kinerja yang dilakukan dalam kegiatan field trip. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistika deskriptif menggunakan persentase, kemudian dikelompokkan untuk menentukan kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Berdasarkan penilaian batas lulus ideal, nilai persentase terbesar diperoleh kesimpulan bahwa kinerja siswa dalam keterampilan mengobservasi dikategorikan sangat baik (66,1%). Untuk kinerja siswa dalam mengklasifikasi dikategorikan baik (43,5%). Begitupun dengan kinerja siswa dalam menginterpretasi hasil pengamatan dikategorikan baik (35,5%) dan untuk keterampilan memprediksi dikategorikan kurang (35,5%). Sedangkan untuk kinerja siswa dalam berkomunikasi dikategorikan sangat baik (31,2%).

Copyrights : Copyright Â(c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com