Print ...

Kontributor...

  • Editor: Yanti Sundari

Path: Top Jurnal SANTIKA 2012

Sintesis dan Analisis Bioaditif Combustion Booster dalam Premium untuk Menurunkan Emisi Gas Karbon Monoksida

Jurnal Santika Vol.2 No.2, Desember 2012
Journal from JBPTUMMIPP / 2014-05-19 18:34:06
Oleh : Dikdik Mulyadi, Roza, Teguh Arditya, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-09, dengan 0 file

Keyword : bioaditif combustion booster, premium, emisi karbon.

ABSTRAK

Penggunaan bensin pada kendaraan bermotor seringkali menyebabkan polusi udara yang mengandung gas karbonmonoksida(CO), NOx, SOx, debu serta partikulat lainnya. Gaskarbon monoksida merupakan gas buang yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengurangi gas buang karbonmonoksida hasil dari pembakaran bensin, maka dilakukan penelitian pembuatan bioaditif combustion booster ini terdiri dari campuran klorofil dan karoten serta penstabil panas berupa minyak kelapa sawit yang ditambahkan ke dalam bahan bakar bensin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan zat bioaditif Combustion booster dalam menurunkan emisi gas CO pada kendaraan bermotor. Metode penelitian meliputi sintesis zat bioaditif serta analisis sifat fisika dan kimia serta pengujian emisi pada premium sebelum dan sesudahpenambahan zat bioaditif.
Hasil menunjukkan bahwa klorofil yang diperoleh sebesar 0,49% (dari 1 kg eceng gondok) dan karoten adalah0,23% (dari 1kg wortel). Identifikasi adanya klorofil dan karoten dibuktikan dengan hasil analisis spektrofotometerUV-Vis, yang dibandingkan dengan hasil spektrum standar. Hasil pengujian sifat fisika dan kimia dari bensin menunjukkan bahwa penambahan bioaditif ke dalam premium memenuhi spesifikasi yang ditetapkan Dirjen MigasNo.3674K/24/DJM/ 2006. Dalam penelitian ini hasil ujiemisi yang dilakukanpada sepeda motor jenis Ksa 125cc menunjukkan terjadi proses pembakaran yang lebih baik dalam menurunkan kadar CO pada premium yangmengandung bioaditif dengan campuran 60mL klorofil dan 180mL karoten.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK

Penggunaan bensin pada kendaraan bermotor seringkali menyebabkan polusi udara yang mengandung gas karbonmonoksida(CO), NOx, SOx, debu serta partikulat lainnya. Gaskarbon monoksida merupakan gas buang yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengurangi gas buang karbonmonoksida hasil dari pembakaran bensin, maka dilakukan penelitian pembuatan bioaditif combustion booster ini terdiri dari campuran klorofil dan karoten serta penstabil panas berupa minyak kelapa sawit yang ditambahkan ke dalam bahan bakar bensin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan zat bioaditif Combustion booster dalam menurunkan emisi gas CO pada kendaraan bermotor. Metode penelitian meliputi sintesis zat bioaditif serta analisis sifat fisika dan kimia serta pengujian emisi pada premium sebelum dan sesudahpenambahan zat bioaditif.
Hasil menunjukkan bahwa klorofil yang diperoleh sebesar 0,49% (dari 1 kg eceng gondok) dan karoten adalah0,23% (dari 1kg wortel). Identifikasi adanya klorofil dan karoten dibuktikan dengan hasil analisis spektrofotometerUV-Vis, yang dibandingkan dengan hasil spektrum standar. Hasil pengujian sifat fisika dan kimia dari bensin menunjukkan bahwa penambahan bioaditif ke dalam premium memenuhi spesifikasi yang ditetapkan Dirjen MigasNo.3674K/24/DJM/ 2006. Dalam penelitian ini hasil ujiemisi yang dilakukanpada sepeda motor jenis Ksa 125cc menunjukkan terjadi proses pembakaran yang lebih baik dalam menurunkan kadar CO pada premium yangmengandung bioaditif dengan campuran 60mL klorofil dan 180mL karoten.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com