Print ...

Kontributor...

  • Editor: Sani Zulviah

Path: Top Jurnal UMMI 2016 Volume X, Nomor 3, Desember 2016

Implementasi Computer Assisted Instructional Model Games Pada Integrated Science Di SD

Volume X, No.3, Desember 2016
Journal from JBPTUMMIPP / 2017-05-08 07:26:20
Oleh : Din Azwar Uswatun, Setria Utama Rizal, Astri Sutisnawati, Rifki Aditia, Iis Nurasiah, Perpustakaan Pusat UMMI
Dibuat : 2017-05-08, dengan 1 file

Keyword : computer assisted instructional, model games, integrated science SD, kemampuan kognitif

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran computer assisted instructional model games pada pembelajaran integrated science di SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain eksperimen penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design yang dipilih secara random. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas III SDIT Al-Khoiriyah Al-Husna Sukabiimi Sisn>a yang terlibat berjumlah 14 anak. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obscrvasi, dan tes. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara, lembar obsen'asi, dan soal pretes-postes. Teknik analisis yang digunakan adalah gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran computer assisted instructional model games efektif digunakan dalam pembelajaran IP A di SD yang diiandai dengan peningkatan kemampuan kognitif siswa. Peningkatan koginitif siswa ini ditunjukkan dengan nilaigain sebesar 0,81.

Deskripsi Alternatif :

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran computer assisted instructional model games pada pembelajaran integrated science di SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain eksperimen penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design yang dipilih secara random. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas III SDIT Al-Khoiriyah Al-Husna Sukabiimi Sisn>a yang terlibat berjumlah 14 anak. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obscrvasi, dan tes. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara, lembar obsen'asi, dan soal pretes-postes. Teknik analisis yang digunakan adalah gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran computer assisted instructional model games efektif digunakan dalam pembelajaran IP A di SD yang diiandai dengan peningkatan kemampuan kognitif siswa. Peningkatan koginitif siswa ini ditunjukkan dengan nilaigain sebesar 0,81.

Copyrights : Copyright � 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiPerpustakaan Pusat UMMI
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com