Print ...

Kontributor...

  • DosenPembimbing :

    1. Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.

    2. Venita Sofiani, S.E., M.Si. , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Laporan Tugas Akhir (D3) Perpajakan Tahun 2014

EFEKTIFITAS REGISTRASI ULANG PENGUSAHA KENA PAJAK TAHUN 2012-2013 TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DARI SEKTOR PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2014-07-15 13:22:07
Oleh : DWITRI MARDIANTI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-07-15, dengan 1 file

Keyword : EFEKTIFITAS REGISTRASI ULANG PENGUSAHA KENA PAJAK, TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DARI SEKTOR PAJAK PERTAMBAHAN NILAI
Subjek : EFEKTIFITAS REGISTRASI ULANG

ABSTRAK


Pengukuhuan PKP erat kaitannya dengan kewajiban Wajib Pajak (WP) di bidang Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dalam perkembangannya pengukuhan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) ini banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan diri sendiri dan merugikan keuangan negara. Berdasarkan hasil pengawasan dan survey yang dilakukan banyak ditemukan PKP yang tidak melakukan kewajiban pelaporan SPT Masa PPN dengan benar bahkan sama sekali tidak menyampaikan SPT Masa PPN dan tidak menyetorkan PPN yang seharusnya terutang. Tentu ini tidak bisa dibiarkan, hal inilah yang mendorong dikeluarkannya kebijakan dari DJP untuk melakukan Registrasi Ulang PKP.

Tujuan dari Registrasi Ulang adalah agar DJP mempunyai database yang akurat dan up to date mengenai identitas WP yang berada di wilayah kerjanya, meliputi nama WP, penanggung jawab perusahaan, alamat, nomor telepon, lokasi usaha, gambaran kegiatan usaha. Selain itu, Registrasi Ulang PKP merupakan salah satu cara DJP untuk meningkatkan penerimaan pajak dan meningkatkan kepatuhan PKP dalam melakukan kewajiban pelaporan surat pemberitahuan masa PPN.

Pada survey ini yang menjadi objek survey adalah efektifitas Registrasi Ulang PKP tahun 2012-2013 terhadap penerimaan pajak dari sektor PPN di KPP Pratama Sukabumi dengan waktu survey yang dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April 2014.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam survey ini, pelaksanaan Registrasi Ulang PKP terhadap penerimaan pajak dari sektor PPN di KPP Pratama Sukabumi berjalan efektif, dibuktikan dengan adanya kenaikan penerimaan pajak dari jenis PPN. Namun demikian terdapat beberapa kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan Registrasi Ulang PKP dan beberapa upaya yang telah dilakukan KPP Pratama Sukabumi untuk mengantisifasi kendala-kendala tersebut.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com