Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Jurnal Jurnal-Jurnal

PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN DENGAN PENDEKATAN PROYEK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN NILAI (KARAKTER)

Learning Approach to Write Report Observations of Project as Efforts to Develop Values

Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 09:11:33
Oleh : Dyah Lyesmaya , Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-01-25, dengan 1 file

Keyword : Pembelajaran Menulis, Pendekatan Proyek, dan Nilai Karakter

Abstrak





Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan kemampuan menulis laporan pengamatan dengan menggunakan pendekatan proyek untuk menumbuhkembangkan nilai karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan model non-equivalent control group design terhadap peserta didik kelas V SDN 3 Cipatat Kabupaten Bandung Barat tahun pelajaran 2011/2012, dengan melibatkan 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis menulis laporan pengamatan, observasi, angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa pembelajaran dengan pendekatan proyek dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia karena dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan meningkatkan kemampuan komunikasi secara tertulis peserta didik Sekolah Dasar. Selain pendekatan proyek dijadikan sebagai salah satu upaya untuk memotivasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas tulisan dan hasil belajar bahasa Indonesia juga sebagai sarana bagi peserta didik dalam melakukan moral action (tindakan moral).

Deskripsi Alternatif :

Abstract






This research aims at discovering the implementation of the writing report skill employing project approach to develop a values through Bahasa Indonesia learning. This study was quasi-experimental non-equivalent control group design as the subject were fifth grade students from SDN 3 Cipatat West Bandung regency school year 2011/2012, consists of 30 students as experimental group and 30 students as a control group. Data was gathered through a written test to write a report of observations, observation, questionnaires, and interviews. Based on this study results, it is recommended for teachers to use project approach in learning writing process. It can make learning more meaningful and improving communication skills in writing report. In addition to the approach made the project as an effort to motivate learners in improving the quality of writing and learning Indonesian as well as a means for students in making moral action (to express, show, and construct values).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com