Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Jurnal SANTIKA 2013 Vol.3 No.1

TINJAUAN ULANG GEOMETRI JALAN (Studi kasus pada ruas jalan Cibadak-Jelegong-Karangtengah Kabupaten Sukabumi )

Jurnal SANTIKA, Vol.3 No.1, Hal.225-240
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-27 09:38:40
Oleh : Edi Mulyadi1, Yuni Sri Wahyuni2, Sandi Lesmana3 (1 Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi 2 Dosen Teknik Sipil UMMI 3 Dosen Teknik Sipil UMMI), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-25, dengan 1 file

Keyword : Geometri, Jalan





Abstrak




Jalur utama nasional Bogor-Sukabumi sering sekali terjadi kemacetan dan gangguan lainnya, maka digunakan jalan alternatif Cibadak-Jelegong-Karangtengahuntuk mengatasi permasalahan kemacetan. Pada Ruas jalan tersebut memiliki tikungan-tikungan tajam dan jari-jari yang kecil.Maka perlu dilakukan peninjauan ulang geometri jalan untuk mengetahui kendala lengkung alinyemen horizontal dan vertikal, dengan melaksanakan survey, studi literatur, kompilasi data dan observasi Instansi yang terkait.



Pemilihan bentuk lengkung S-C-S dapat mengantisipasi perubahan jalan dari bentuk lurus kebagian lengkung dengan jari-jari R, sehingga gaya sentrifugal yang bekerja pada kendaraan saat berjalan di tikungan berubah secara berangsur-angsur. Pelebaran pada tikungan dimaksudkan untuk mempertahankan kendaraan tetap pada lintasannya dan daerah bebas samping di tikungan bertujuan sebagai ruang untuk menjamin kebebasan pandang pengemudi di tikungan sehingga jarak pandang henti dapat di penuhi. Diharapkan dengan melakukan tinjauan geometrik jalan seperti yang kami lakukan pada tugas akhir ini, tingkat keamanan dan kenyaman pada ruas jalan ini dapat ditingkatkan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com