Path: TopJurnalBiodik

KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI

Jurnal Biodik Vol. II No.1 Januari 2012
Journal from JBPTUMMIPP / 2014-05-19 18:15:43
By : Elin Herlinda(1), Setiono(2), Sistiana Windyariani(2) (1)Alumni Pendidikan Biologi FKIP UMMI, (2)Dosen Pendidikan Biologi FKIP UMMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Created : 2014-05-08, with 0 files

Keyword : Keterampilan proses sains, Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri, sistem ekskresi

ABSTRAK: Penelitian ini berjudul “Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Konsep Sistem Ekskresi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Randomized Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kota Sukabumi dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 soal, dan angket untuk mengetahui pendapat siswa terhadap pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 90,06 sementara rata-rata posttest kelas kontrol 74,81. Hasil perhitungan uji t menunjukan nilai t hitung 7,78 > t tabel 2,65 karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran praktikum berbasis inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem ekskresi.

Description Alternative :

ABSTRAK: Penelitian ini berjudul “Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Konsep Sistem Ekskresi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Randomized Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kota Sukabumi dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 soal, dan angket untuk mengetahui pendapat siswa terhadap pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen 90,06 sementara rata-rata posttest kelas kontrol 74,81. Hasil perhitungan uji t menunjukan nilai t hitung 7,78 > t tabel 2,65 karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran praktikum berbasis inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem ekskresi.

Copyrights : Copyright ┬(c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTUMMIPP
OrganizationUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Contact Nametiyanti_sundari@yahoo.com
AddressJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
CitySukabumi
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone
Fax
Administrator E-mailtiyanti_sundari@yahoo.com
CKO E-mailtiyanti_sundari@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Editor: Yanti Sundari