Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

PENDAFTARAN PERALIHAN HAK MILIK MELALUI BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (BPHTB) DENGAN PROSES LELANG DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 12:50:42
Oleh : Erpina Lestari (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Peralihan Hak, Perolehan Hak, Proses Lelang

Laporan Tugas Akhir ini ditulis oleh Erpina Lestari, Nomor Induk Mahasiswa 045121211002 dengan judul Ā“PENDAFTARAN PERALIHAN HAK MILIK MELALUI BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (BPHTB) DENGAN PROSES LELANG DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SUKABUMIĀ”.Di bawah bimbingan Bapak Sulaeman, S.E.,M.Si dan Bapak H. Darmo H Suwiryo, S.E., M.Pd.,M.M

Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi mempunyai tugas pada umumnya adalah memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat, khususnya di bidang pertanahan baik berupa pengukuran tanah mmaupun permohonan pembuatan sertifikat dan lain sebagainya yang berhubungan dengan masalah pertanahan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengenaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dalam pendaftaran peralihan hak atas tanah karena lelang dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dan upaya mengatasinya dalam pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena lelang.

Metode yang digunakan oleh penulis dalam laporan tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data yang diperoleh guna memberikan gambaran yang jelas dari keadaan yang sebenarnya.

Pengenaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk lelang dapat dikenakan pajak apabila NPOPnya lebih dari Rp. 60.000.000. Maka wajib pajak yang memperoleh hak atas tanah dan bangunan harus membayar pajak BPHTB sebesar 5%.

Pelaksanaan pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena lelang terdapat berbagai macam kendala yang muncul baik dari faktor masyarakat maupun dari Kantor Pertanahan. Pemohon pendaftaran hak masih ada yang kurang melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu melakukan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat dapat melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com