Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Prosiding 2015

Nilai Moral Sebagai Aset Budaya Bangsa : Kajian Filologi

Prosiding Seminar Doktor, LLPPM UMMI 2015. hal 59-66
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2015-09-14 21:54:13
Oleh : Fenty Sukmawaty, Dosen, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (fenty_filologi@yahoo.com)
Dibuat : 2015-09-11, dengan 9 file

Keyword : Nilai moral, Aset, Budaya bangsa, Naskah

Abstrak

Bangsa yang berbudi luhur dan berbudaya terpuji adalah bangsa yang warga negaranya menjungjung tinggi nilai moral. Tanpa mengedepankan moral yang baik dan benar, sehebat dan semaju apapun bangsa di dunia ini, tidak akan ada nilainya di hadapan sang Pencipta, bahkan di hadapan manusia sekalipun. Nilai moral tersebut terdapat dalam naskah Az-Zikra. Biasanya nilai moral masyarakat saat ini dapat dilihat dari budaya masyarakat dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari mulai dari tingkat bawah (rakyat biasa) sampai tingkat atas (seseorang yang mempunyai kedudukan di masyarakat atau dalam pemerintahan).

Menjungjung tinggi nilai moral ini sangat penting jika bangsa Indonesia ingin disejajarkan dengan bangsa lain yang lebih maju. Tata nilai moral yang sesuai dengan aturan yang Maha Pencipta itulah yang harus menjadi pegangan, karena jika satu bangsa berpegang pada jalan itu, maka akan mampu menggerus bangsa lain yang lebih maju bahkan negara adi daya sekalipun, karena akhir dari kehidupan di dunia adalah kehidupan akhirat. Tak kan ada seorang pun yang bisa menghindar dari adanya hari Akhir, dimana pasti akan adanya hari Pembalasan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com