Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

MEKANISME PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI ELEKTRONIK SAMSAT (E-SAMSAT) DI CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 12:59:02
Oleh : Ghian Lugiana (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pemabayaran Pajak, Elektronik Samsat

Laporan tugas akhir ini disusun oleh Ghian Lugiana 045121211013. Penulis melakukan penelitian di Kantor Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Sukabumi atau yang sering kita kenal dengan Kantor Samsat yang terletak di jalan Mesjid nomor 22 Kota Sukabumi. Penulis melakukan penelitian tentang mekanisme pembayaran pajak kendaraan bermotor, oleh karena itu dalam penelitian tugas akhir ini, penulis tertarik untuk pengambil judul Ā“MEKANISME PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI ELEKTRONIK SAMSAT (E-SAMSAT) DI CABANG PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KOTA SUKABUMIĀ”.

Pengambilan judul ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang timbul dari mekanisme pembayaran kendaraan bermotor dengan sistem electronic dan hal-hal yang menjadi hambatan terhadap mekanisme pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan e-SAMSAT serta upaya yang dilaksanakan oleh Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Sukabumi.

Elektronik SAMSAT merupakan salah satu program pendekatan pelayanan dengan mengedepankan aspek kemudahan layanan, kepastian hukum dan kepuasan masyarakat sebagai tujuan utama. Elektronik SAMSAT melayani pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor dan santunan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan yang dapat dilakukan melalui ATM Bank bjb diseluruh Indonesia, sehingga dapat memungkinkan Wajib Pajak melakukan transaksi di luar daerah domisili kendaraan. dengan mengimplementasikan program ini, maka seluruh SAMSAT dan Bank bjb yang berada di tiap-tiap wilayah dalam satu provinsi terhubung secara Online.

Penulis melakukan penelitian ini, menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas pemikiran pada masa yang akan datang. Penyusunan tugas akhir ini ditinjau dengan data yang diambil selama penulis melakukan penelitian di Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Sukabumi

Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan agar Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Sukabumi dalam menerapkan sistem electronic pembayaran pajak kendaraan bermotor hendaknya melakukan sosialisasi secara luas tentang e-SAMSAT, memperluas ruang lingkup wilayah pembayaran dengan cara bekerjasama dengan Bang Nasional lainya, lebih memaksimalkan pelayanan dari e-SAMSAT agar manfaat dari sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor electronic ini dapat benar-benar dirasakan oleh wajib pajak sehingga lebih banyak lagi wajib pajak yang melakukan memenuhi kewajiban perpajakanya.




Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com