Path: Top Jurnal Ekonomi 2014 vol.1 no.5

Pengaruh Pemberdayaan Dosen dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Serta Dampaknya Terhadap Partisipasi Penuh Dalam Bekerja (Organizational Citizenship Behavior)

ISSN : 23014075
Journal from JBPTUMMIPP / 2016-06-14 22:08:05
Oleh : Herny Nurhayati, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2016-06-14, dengan 1 file

Keyword : Pemberdayaan Dosen, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kajian mengenai : 1) Bagaimana pemberdayaan dosen, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan partisipasi penuh atau organizational citizenship behavior (OCH). 2. Seberapa besar pengaruh pemberdayaan dosen dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. 3). Sejauhmana pengaruh komitmen organisasional terhadap partisipasi penuh organizational citizenship behavior (OCB). Baik secara parsial maupun secara simultan.


Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif. Populasi dan unit analisisnya Politeknik Sukabumi di Kota Sukabumi, unit observasi/responden dosen yang telah bekerja diatas satu tahun. Jumlah sampel yang diambil 60 dosen dengan teknik sensus. Alat analisis menggunakan analisis jalur (part analysis) dengan bantuan software program SPSS versi 20.0.


Hasil penelitian ini mempunyai kesesuaian dengan menjelaskan keterkaitan antar variabel. Diperoleh hasil bahwa pemberdayaan dosen, kepuasan kerja, komitmen organisasional dan partisipasi penuh (Organizational citizenship behavior) berada pada kategori moderat. Besarnya pengaruh langsung pemberdayaan dosen dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional adalah berturut-turut sebesar 1,171 dan 0.0322 lebih besar bila dibandingkan dengan pengaruh kepuasan kerja terhadap komimen organisasional. Pemberdayaan dosen berkorelasi dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasi baik secara parsial maupun simultan terhadap partisipasi penuh (organizational citizenship behavior) secara berturut-turut adalah 0,423 dan 0.169 serta 0.431. Dimana berdasarkan nilai trersebut bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh langsung paling besar dan diikuti oleh pemberdayaan dosen dan komitmen organisasional.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com