Print ...

Kontributor...

  • Editor: Sani Zulviah

Path: Top Prosiding 2015

Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

ISBN : 978-602-98647-4-8
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2016-12-08 11:20:03
Oleh : Iis Nurasiah, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2016-08-04, dengan 0 file

Keyword : matematika,model pembelajaran ,pembelajaran kooperatif

Abstrak



Matematika merupakan bahan kajian yang memiliki objek abstrak yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam bentuk bahasa simbol dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dan kebenaran sebelumnya yang sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Walaupun Matematika bersifat deduktif, tetapi di Sekolah Dasar pembelajaran matematika diawali dengan induktif karena menyesuaikan dengan tahap berfikir siswa Sekolah Dasar yang masih berfikir konkret. Proses belajar mengajar yang tidak memberi peluang bagi siswa untuk mengerti, maka kegemaran belajar tidak akan tumbuh. Siswa yang tidak mengerti materi pelajaran akan padam api semangatnya untuk bertanya, berpartisipasi, berprestasi, dan menggali materi pelajaran matematika. Guru harus mampu jundang dan menarik siswa untuk terjun ke dalam arena materi pelajaran. Guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat aktif i proses pembelajaran. model pembelajaran kooperatif merupakan satu cara mengatasi perdalam mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama, yakni kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan. Pendekatan model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan di dalam kelas di antaranya adalah >TAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw. Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika, siswa yang lambat dapat terpacu untuk mengejar ketertinggalannya karena dengan malas belajar dalam pembelajaran kooperatif selain merugikan dirinya sendiri juga merugikan kelompok, selain itu siswa mendapat bantuan dari kelompoknya yang memahami karakteristik siswa yang kurang sehingga bisa mendapatkan cara yang tepat untuk membantu; untuk siswa yang pintar dapat meningkatkan kemampuannya dengan memberikan soal-soal untuk temannya.

Deskripsi Alternatif :

Abstrak



Matematika merupakan bahan kajian yang memiliki objek abstrak yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam bentuk bahasa simbol dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dan kebenaran sebelumnya yang sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Walaupun Matematika bersifat deduktif, tetapi di Sekolah Dasar pembelajaran matematika diawali dengan induktif karena menyesuaikan dengan tahap berfikir siswa Sekolah Dasar yang masih berfikir konkret. Proses belajar mengajar yang tidak memberi peluang bagi siswa untuk mengerti, maka kegemaran belajar tidak akan tumbuh. Siswa yang tidak mengerti materi pelajaran akan padam api semangatnya untuk bertanya, berpartisipasi, berprestasi, dan menggali materi pelajaran matematika. Guru harus mampu jundang dan menarik siswa untuk terjun ke dalam arena materi pelajaran. Guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat aktif i proses pembelajaran. model pembelajaran kooperatif merupakan satu cara mengatasi perdalam mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama, yakni kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan. Pendekatan model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan di dalam kelas di antaranya adalah >TAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw. Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika, siswa yang lambat dapat terpacu untuk mengejar ketertinggalannya karena dengan malas belajar dalam pembelajaran kooperatif selain merugikan dirinya sendiri juga merugikan kelompok, selain itu siswa mendapat bantuan dari kelompoknya yang memahami karakteristik siswa yang kurang sehingga bisa mendapatkan cara yang tepat untuk membantu; untuk siswa yang pintar dapat meningkatkan kemampuannya dengan memberikan soal-soal untuk temannya.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com