Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Sani Zulviah

Download...

Path: Top » Laporan Pengabdian

Manajemen Pengurusan Jenazah secara Islami

Tahun 2016
Research Report from JBPTUMMIPP / 2016-12-21 15:01:41
Oleh : Iqbal Noor, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (iqnoor20@gmail.com)
Dibuat : 2016-12-21, dengan 3 file

Keyword : Manajemen, Pengurusan Jenazah, Islami

Pendahuluan


Kampung Babakan Ranji adalah salah satu kampung yang terletak di Desa Kebonpedes Kecamatan Kebonpedes. Bila dibandingkan dengan kampung-kampung lain di desa ini, Kp. Babakan Ranji yang berada di wilayah Rt 01 RW 09 termasuk kampung dengan jumlah KK terkecil yang menempati wilayah seluas….km². Jumlah KK pada saat penulis mengadakan pengabdian sebanyak 60 KK sedangkan jumlah penduduk seluruhnya sebanyak 150 orang yang didominasi oleh penduduk asli dan sebagian kecil penduduk pendatang.

Secara Geografis, wilayah Kp. Babakan ranji sebagian besar berupa lahan pertanian sehingga mayoritas kehidupan masyarakatnya bergantung pada sektor pertanian baik sebagai petani penggarap maupun hanya sebagai buruh tani. Sebagian lagi ada yang berprofesi sebagai pedagang, buruh harian lepas, PNS, dan wiraswasta. Aksesibilitas atau keterjangkauan Kp. Babakan Ranji terbilang mudah karena dilalui oleh jalur jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Sukaraja , Kecamatan Kebonpedes dan Kecamatan Baros melalui Sub Terminal Sukaraja. Dari Terminal Sukaraja hanya berjarakÂ….km yang dapat ditempuh dengan angkot atau ojeg hanya dengan waktu sekitar 10 menit.

Ditinjau dari aspek sosiologis, ikatan sosial masyarakat Kampung Babakan Ranji sebagai figur masyarakat paguyuban masih terasa kental dan solid. Hal ini juga didukung dengan kuatnya keyakinan beragama masyarakat kampung Babakan Ranji yang 100 % beragama Islam.

Hal yang tidak bisa dilepaskan adalah aspek sejarah keberagamaan masyarakat kampung Babakan Ranji yang bisa dikatakan cukup religius, karena di wilayah ini pernah menjadi komplek pesantren meskipun bukan pesantren modern sejak tahunÂ….yang cukup ramai dan menjadi tempat menimba ilmu santri-santri dari berbagai daerah. Namun karena berbagai hal saat ini pesantren tersebut sudah tidak ada hanya tinggal pengajian rutin mingguan dan bulanan yang dilaksanakan di masjid jami dan majlis taklim ibu-ibu. Tetapi karakter masyarakat kampung ini masih mencerminkan masyarakat yang religius terbukti dari semangatnya masyarakat dalam melaksanakan sholat berjamaah di masjid, baik anak-anak, para remaja maupun orang dewasa.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com