Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top » Skripsi S1 » Pendidikan » PJKR

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS KINERJA WASIT DALAM MEMIMPIN PERTANDINGAN SEPAKBOLA DI KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-06-30 09:20:53
Oleh : IRMAN SUPRIATMAN, NIM H1G1001002, S1 PJKR, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-30, dengan 2 file

Keyword : hubungan, tingkat kecemasan, kinerja wasit, pertandingan, sepak bola

Irman Supriatman. (2014). “Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Kinerja Wasit Dalam memimpin suatu pertandingan Sepakbola Di Kota Sukabumi”. Skripsi. Sukabumi: Sekolah S1 Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Peran dan tanggung jawab wasit sepakbola dalam suatu pertandingan sangat dibutuhkan, wasit adalah ujung tombak sukses dan tidaknya suatu pertandingan atau kejuaraan. Kecemasan merupakan bagian yang turut mempengaruhi terhadap kinerja wasit sepakbola. Wasit harus menentukan suatu keputusan yang tepat dan benar sesuat dengan peraturan permainan dan peraturan pertandingan yang berlaku. Kinerja wasit saat berlangsung pertandingan dan setelah selesai suatu pertandingan harus memberikan kepuasan kepada: Pemain, Pelatih, Penonton dan pihak-pihak lainnya.

Skripsi ini meneliti tentang wasit-wasit sepakbola dari sisi psikologis yaitu kecemasan dikaitkan dengan kinerja wasit ketika memimpin suatu pertandingan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional. Sampel penelitian adalah wasit sepakbola local kota Sukabumi sejumlah 14 orang. Instrument yang digunakan adalah tes Rating Anxiety Scale (SAS) untuk mengetes tingkat kecemasan, Sedangkan untuk mengetes kinerja wasit menggunakan PSSI RefereeÂ’s Report.

Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan Antara kecemasan dengan kinerja wasit (R = -0,766). Terdapat hubungan bersama yang signifikan Antara kecemasan dengan kinerja wasit (R=0,864).

Kesimpulannya bahwa, 1) Kecemasan berkorelasi yang signifikan terhadap kinerja wasit. 2) Hubungan Antara kecemasan berkorelasi yang signifikan terhadap kinerja wasit.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com