Print ...

Kontributor...

  • Editor:

Path: Top Jurnal Biodik 2014

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT METAKOGNITIF (CSM) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X DI SMAN 1 CIBADAK

Jurnal Biodik Volume 3 No 1 2014 Hal.8
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-30 08:29:12
Oleh : Iswati Hasanah*, Billyardi Ramdhan**, Eris Rustandi*** *Alumni Pend. Biologi FKIP UMMI, **Dosen Pend. Biologi FKIP UMMI, ***Guru Biologi SMAN 3 Kota Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-29, dengan 1 file

Keyword : Cooperative Script Metakognitif, kemampuan kognitif

ABSTRAK



Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative



Script Metakognitif (CSM) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di SMAN 1 Cibadak.



Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas



Muhammadiyah Sukabumi, 2013.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh



penerapan model pembelajaran CSM terhadap kemampuan kognitif siswa. Metode yang



digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian



Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cibadak tahun



ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive



Sampling. Dua kelas dari tujuh kelas siswa kelas X. Satu kelas mendapatkan pembelajaran



dengan model CSM sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas mendapatkan pembelajaran



dengan model Cooperative Learning sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian seluruhnya



berjumlah 75 siswa, 38 siswa di kelas eksperimen dan 37 siswa di kelas kontrol. Instrumen



yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang



sesuai dengan indikator kognitif biologi pada materi pencemaran lingkungan. Ranah kognitif



yang diukur dari C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisa), C5



(mengevaluasi), dan C6 (menciptakan) ranah kognitif ini terangkum dalam 15 soal bentuk



pilihan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CSM



berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa secara signifikan, dilihan dari uji hipotesis



yang menggunakan perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 3.83 dan ttabel sebesar 1.99 dengan



taraf signifikansi (α) = 0,05 dan derajat kebebasan 73. Karena thitung> ttabel, sehingga H0



ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis perbedaan skor rata-rata hasil belajar



siswa tiap jenjang kognitif menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CSM



berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK



Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative



Script Metakognitif (CSM) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di SMAN 1 Cibadak.



Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas



Muhammadiyah Sukabumi, 2013.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh



penerapan model pembelajaran CSM terhadap kemampuan kognitif siswa. Metode yang



digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian



Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cibadak tahun



ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive



Sampling. Dua kelas dari tujuh kelas siswa kelas X. Satu kelas mendapatkan pembelajaran



dengan model CSM sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas mendapatkan pembelajaran



dengan model Cooperative Learning sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian seluruhnya



berjumlah 75 siswa, 38 siswa di kelas eksperimen dan 37 siswa di kelas kontrol. Instrumen



yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang



sesuai dengan indikator kognitif biologi pada materi pencemaran lingkungan. Ranah kognitif



yang diukur dari C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisa), C5



(mengevaluasi), dan C6 (menciptakan) ranah kognitif ini terangkum dalam 15 soal bentuk



pilihan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CSM



berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa secara signifikan, dilihan dari uji hipotesis



yang menggunakan perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 3.83 dan ttabel sebesar 1.99 dengan



taraf signifikansi (α) = 0,05 dan derajat kebebasan 73. Karena thitung> ttabel, sehingga H0



ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis perbedaan skor rata-rata hasil belajar



siswa tiap jenjang kognitif menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CSM



berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com