Print ...

Kontributor...

  • Editor:

Path: Top Jurnal SANTIKA 2014 Vol.4 No.1

PENGGUNAAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DALAM PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN (STUDI KASUS : PUSKESMAS BAROS KOTAMADYA SUKABUMI)

Jurnal SANTIKA Volume 4 No 1
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-29 10:35:46
Oleh : Johan Budhiana, Rosliana Dewi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-27, dengan 1 file

Keyword : Kepuasan Pasien, KIA, IPA, CSI

Abstrak



Memuaskan kebutuhan pelanggan adalah keinginan setiap perusahaan. Pelanggan yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan akan kembali membeli produk dan menggunakan jasa pelayanan tersebut. Penting sekali perusahaan melakukan survey kepuasan pelanggannya. Metode dalam mengukur kepuasan pelanggan diantaranya Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Metode IPA dan CSI tepat mengukur kepuasan pelanggan tak terkecuali kepuasan pelanggan dalam produk dan jasa pelayanan kesehatan termasuk pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas. Metode IPA merupakan analisis kuantitatif yang menghasilkan skala prioritas dimana atribut yang dinilai dibagi kepada empat kuadran dan berguna menentukan atribut mana yang perlu diprioritaskan. Metode CSI merupakan analisis kuantitatif yang hasilnya akan menentukan ukuran kepuasan secara keseluruhan terhadap suatu jasa pelayanan atau produk. Hasil penelitian di Puskesmas Baros menunjukkan bahwa semua atribut pelayanan KIA terbagi ke dalam empat kuadran pada diagram kartesius IPA yang menunjukkan atribut pelayanan ada yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan, perlu dipertahankan dan perlu ditinjau ulang. Secara keseluruhan pasien menilai sangat puas terhadap pelayanan KIA. Untuk mengukur kepuasan pasien sangat tepat jika dilakukan melalui Survei Kepuasan Pasien karena kuat secara metodologi, relevan dengan kemamuan pasien, representatif. Metode IPA sangat tepat digunakan untuk mengukur kepuasan pasien dan menentukan skala prioritas dalam pelayanan kesehatan. Metode CSI sangat tepat digunakan untuk mengukur secara umum kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.

Deskripsi Alternatif :

Abstrak



Memuaskan kebutuhan pelanggan adalah keinginan setiap perusahaan. Pelanggan yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan akan kembali membeli produk dan menggunakan jasa pelayanan tersebut. Penting sekali perusahaan melakukan survey kepuasan pelanggannya. Metode dalam mengukur kepuasan pelanggan diantaranya Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Metode IPA dan CSI tepat mengukur kepuasan pelanggan tak terkecuali kepuasan pelanggan dalam produk dan jasa pelayanan kesehatan termasuk pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas. Metode IPA merupakan analisis kuantitatif yang menghasilkan skala prioritas dimana atribut yang dinilai dibagi kepada empat kuadran dan berguna menentukan atribut mana yang perlu diprioritaskan. Metode CSI merupakan analisis kuantitatif yang hasilnya akan menentukan ukuran kepuasan secara keseluruhan terhadap suatu jasa pelayanan atau produk. Hasil penelitian di Puskesmas Baros menunjukkan bahwa semua atribut pelayanan KIA terbagi ke dalam empat kuadran pada diagram kartesius IPA yang menunjukkan atribut pelayanan ada yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan, perlu dipertahankan dan perlu ditinjau ulang. Secara keseluruhan pasien menilai sangat puas terhadap pelayanan KIA. Untuk mengukur kepuasan pasien sangat tepat jika dilakukan melalui Survei Kepuasan Pasien karena kuat secara metodologi, relevan dengan kemamuan pasien, representatif. Metode IPA sangat tepat digunakan untuk mengukur kepuasan pasien dan menentukan skala prioritas dalam pelayanan kesehatan. Metode CSI sangat tepat digunakan untuk mengukur secara umum kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com