Path: Top Jurnal UMMI 2013 Vol. 7 No. 1

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BIOLOGI DI SMAN 1 CIBADAK

Jurnal UMMI Volume 7 No 1 hal.1
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-27 12:35:01
Oleh : Jujun Ratnasari, Ratna Novianingsih, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-27, dengan 1 file

Keyword : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Model Kolaboratif MURDER





Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada



Konsep Biologi di SMA Negeri 1 Cibadak. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan model pembelajaran



aktif yang dapat memotivasi siswa, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran



konvensional. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode quasi-eksperimen. Teknik pengumpulan data yang



dilakukan adalah tes tulis dan angket. Hasil belajar didefinisikan sebagai suatu hasil yang diharapkan dari pembelajaran yang



telah ditetapkan dalam rumusan perilaku tertentu sebagai akibat dari proses belajarnya. Adanya dorongan baik dalam diri



maupun luar diri yang membawa seseorang menjadi lebih baik atau biasa disebut dengan motivasi juga dipengaruhi oleh proses



dalam kegiatan belajar mengajar. Proses belajar mengajar berkaitan dengan model pembelajaran yaitu suatu perencanaan yang



digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yang digunakan adalah model



pembelajaran Kolaboratif MURDER. Model pembelajaran Kolaboratif MURDER adalah pembelajaran yang dilaksanakan



siswa secara bersama-sama, kemudian memecahkan suatu masalah secara bersama pula dan bukan belajar secara individu.



Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes tulis yang diberikan sebelum perlakuan (Pretest) dan sesudah diberi perlakuan



(Posttest), sedangkan instrumen penelitian motivasi belajar berupa angket motivasi yang diberikan setelah perlakuan. Analisis



data hasil belajar diambil dari peningkatan Pretest dan Posttest yaitu Normalisasi Gain (N Gain). Hasil perhitungan uji



hipotesis dari uji Wilcoxon, Whitung sebesar 0, sedangkan Wtabel(0.05)(30) sebesar 137. Ternyata Whitung < Wtabel0.05(30), maka dapat



disimpulkan bahwa Ho ditolak pada taraf signifikansi α = 0.05 taraf kepercayaan 95%. Data yang diperoleh antara kelas



eksperimen dengan kelas kontrol berbeda signifikan. Analisis data motivasi belajar diambil dari angket dengan skala likert 1-4.



Hasil perhitungan uji hipotesis dari uji t didapatkan deviasi standar gabungan (dsg) sebesar 3.94. Selanjutnya dengan dsg



diperoleh thitung sebesar 0.75. Hasil perhitungan t tersebut dibandingkan dengan ttabel, maka didapat t(0.975)(59) sebesar 2.001.



Ternyata -t0.975(59) < t < t0.975 (59), oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ho diterima pada taraf signifikansi α = 0.05 taraf



kepercayaan 95%. Data yang diperoleh tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara motivasi siswa di kelas kontrol



dengan motivasi siswa di kelas eksperimen.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...