Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

PROSEDUR PEMBUATAN SERTIPIKAT MELALUI PERALIHAN HAK KARENA HIBAH YANG TERKENA BPHTB PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 14:28:57
Oleh : Laila Maulida (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pembuatan Sertifikat, Peralihan Hak

Laporan tugas akhir ini disusun oleh Laila Maulida 045121211026. Penulis melakukan penelitian di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi, yang beralamat jl. SuryaKencana No. 02 Kota Sukabumi. Penulis melakukan penelitian tentang peralihan hak atas tanah karena hibah, hasil penelitisn tersebut penulis tuangkan dalam laporan tugas akhir dengan judul : Ā“PROSEDUR PEMBUATAN SERTIPIKAT MELALUI PERALIHAN HAK KARENA HIBAH YANG TERKENA BPHTB PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SUKABUMIĀ”. Di bawah bimbingan Ibu Hj. Eris Darsawati,S.Pd., M.M dan Ibu Venita Sofiani.,S.E.,M.Si. Laporan tugas akhir ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi.

Penulis menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel yang berdiri sendiri baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variable lain, penyusunan tugas akhir ini ditunjang dengan data yang diperoleh selama penulis melakukan penelitian di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi.

Laporan tugas akhir penulis menguraikan prosedur pembuatan sertifikat melalui peralihan hak atas tanah Hibah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi, Biaya peralihan Hak Akta Tanah Hibah, Uraian kegiatan Peralihan Hak Tanah Hibah. Setelah melaksanakan praktik kerja lapangan ini,yang seterusnya di buat laporan tugas akhir, penulis melihat pada kenyataannya masyarakat masih enggan untuk melakukan pembuatan/pendaftaran tanah sendiri penulis menyarankan sosialisasi mengurusi peralihan hak tanah hibah, serta kemudahan-kemudahan yang akan didapatkan jika mengurusnya dengan cara menarik dan mudah dimengerti,sehingga masyarakat pun bisa menyadari akan pentingnya memiliki settipikat. Perlu adanya perencanaan yang matang dan sistematis oleh petugas ukur sebelum diadakan pengukuran di lapangan. Meningkatkan sosialisasi mengenai cara pembuatan sertipikat tanah dan arti pentingnya pendaftaran tanah, dengan dituangkan dalam bahasa yang sederhanan agar mudah dipahami oleh masyarakat.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com