Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top Jurnal SANTIKA 2014 Vol.4 No.2

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK BATANG BINAHONG (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis) DENGAN METODE DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil)

Jurnal SANTIKA Vol.4 No.2 tahun 2014 hal. 348-355
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-27 11:11:33
Oleh : Lela Mukmilah Yuningsih1, Saepudin Rahmatullah2, Samiaji Nur Ramdhan (1Dosen Program Studi Kimia, Universitas Muhammadiyah Sukabumi), Universitas Muhammadiyah Sukabumi (lelathea@yahoo.co.id)
Dibuat : 2015-06-27, dengan 1 file

Keyword : antioksidan, binahong, DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil), skrinning fitokimia, IC50

Abstrak



Penggunaan antioksidan sintetik mulai dibatasi karena dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa antioksidan sintetik seperti Butylated Hydroxy Toluena ternyata dapat meracuni binatang percobaan dan bersifat karsinogenik. Oleh karena itu, industri makanan dan obat-obatan beralih mengembangkan antioksidan alami dan mencari sumber-sumber antioksidan alami baru dalam menghambat aktivitas radikal bebas.Keanekaragaman hayati Indonesia sangat berpotensi dalam penemuan senyawa baru sebagai antioksidan. Binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis) merupakan tumbuhan yang diduga berasal dari Amerika Selatan yang memiliki aktivitas antioksidan. Pada penelitian ini digunakan batang binahong sebagai sumber antioksidan. Aktivitas antiosidan dilihat dengan mengukur daya tangkap ekstrak petroleum eter, ekstrak etil asetat, dan ekstrak etanol batang binahong terhadap radikal stabil DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil) secara spektrofotometri. Uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan pembanding quersetin dan asam askorbat. Identifikasi golongan senyawa pada ekstrak dilakukan dengan skrinning fitokimia dan dilakukan identifikasi



gugus fungsi pada ekstrak dengan aktivitas antioksidan tertinggi menggunakan Spektrofometer Inframerah. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol memiliki aktivitas tertinggi dengan nilai IC5035.48205 ppm dengan senyawa kandungan flavonoid dan polifenol yang berpotensi sebagai antioksidan adapun gugus yang teridentifikasi, yaitu OH, C-H alifatik, C=C aromatic, C=O, dan C-O.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com