Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

PROSEDUR PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN PADA SEKTOR PAD DI KANTOR DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 10:40:26
Oleh : Mela Septiani, (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pemungutan Pajak, Pengelolaan Keuangan, Aset Daerah

Laporan tugas akhir ini disusun oleh Mela Septiani, NIM 045121111013 dengan judul Ā“PROSEDUR PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN PADA SEKTOR PAD DI KANTOR DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SUKABUMIĀ”. Di bawah bimbingan Ibu Hj. Tanti Agustiani, S.Pd. M.Hum dan Bapak Gatot Wahyu Nugroho Drs., Ak., CA.

Pajak restoran merupakan salah satu jenis pajak daerah yang memiliki pengaruh besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi. Pelaksanaan pemungutan pajak restoran yang berlaku saat ini yaitu dengan menggunakan sistem self assessment artinya, wajib pajak diberikan keleluasaan untuk memperhitungkan sendiri pajaknya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 91 Tahun 2010. Tarif yang dikenakan dalam pemungutan pajak restoran sebesar 10% sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2011 yang juga menjadi dasar hukum.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan pemungutan pajak restoran, untuk mengetahui hambatan dan upaya dalam melaksanakan pemungutan pajak restoran, untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sukabumi.

Penulis menggunakan metode penelitian deskriftif, yang datanya diambil dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini.

Hasil penelitian yang penulis dapatkan yaitu dalam pembayaran pajak restoran yang terutang dilakukan ke Kas Daerah, Bank atau tempat lain yang ditunjuk sesuai dengan waktu yang ditentukan, pembayaran pajak dilakukan dengan menggunakan SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) dalam pembayarannya harus dilakukan sekaligus atau lunas. Pembayaran pajak restoran dilakukan setiap 1 bulan, paling lambat tgl 15 setelah berakhirnya masa pajak (Self Assessment). Jika pembayaran pajak melewati tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan sangsi administrasi berupa bunga 2 % per bulan dari jumlah pokok pajak terutang.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com