Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing I : Ade Supartini, M.Pd.

    Pembimbing II: Deden Ahmad Supendi, M.Pd.
    , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: TopSkripsi S1PendidikanBahasa& sastra Indonesia2013

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2014-03-07 13:55:19
Oleh : META KURNIA ADAM, NIM HIB 0901002, S1-Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, UMMI
Dibuat : 2014-03-07, dengan 1 file

Keyword : Kemampuan Membaca

Judul skripsi ini adalah “Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sukabumi”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk ; 1) Mengetahui kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sukabumi, 2) Mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sukabumi, 3) Mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sukabumi, 4) Mengetahui hambatan yang terdapat pada hubungan membaca dengan kemampuan membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sukabumi.


Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, dengan sempel sebanyak 50 siswa yang dibagi ke dalam 3 kelas yang masing kelas berjumlah 37 siswa ditentukan dengan teknik random sampling (acak). Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu angket, tes dan wawancara. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes dan non tes.


Berdasarkan observasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman, mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman, mengetahui kebiasaan membaca, memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan mutu pendidikan khususnya kebiasaan membaca dan mengetahui sejauh mana keefektifan tingkat kemampuan membaca pemahaman yang dimiliki oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah.


Hasil analisis deskripsi mengungkapkan bahwa rata-rata tingkat kebiasaan membaca siswa tergolong tinggi, dengan rata-rata skor 72,88. Begitu pula dengan data kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong tinggi dengan rata-rata skor 73,4. Hasil analisis korelasi menunjukan hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman memberikan (r = 0,605; t =0,288; p =0,00 < 0,5) yaitu, dengan kebiasaan membaca dimana rhitung lebih besar daripada nilai r tabel, yakni 0,605 > 0,288. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
Organisasi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com