Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Jurnal » Biodik » 2013

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 CIBADAK

Jurnal BIODIK Vol.2 NO.1
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-27 13:35:40
Oleh : Diar Agustini(1); Suhendar, S.Pd(2); Chandra Widhikrama, M.Pd(2) ((1)Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMMI (2)Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMMI), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-27, dengan 1 file

Keyword : Kreativitas, Model STM

ABSTRAK: Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) merupakan seperangkat cara dan prosedur kegiatan belajar yang tahapannya meliputi inisiasi, pengembangan konsep, aplikasi konsep dalam kehidupan, pemantapan konsep, dan penilaian. Penelitian dengan metode quasi-eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STM terhadap kreativitas siswa. Kreativitas pada penelitian ini merupakan kreativitas dalam definisi pribadi yang meliputi aspek kognitif dan afektif. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengukur ciri kognitif kreativitas (aptitude traits) berupa tes berpikir kreatif, sedangkan instrumen untuk mengukur ciri nonkognitif dari kreativitas (nonaptitude traits) berupa angket dan lembar observasi sikap kreatif siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis tes berpikir kreatif dengan uji tÂ’ sebesar 2.047, sedangkan nktÂ’ sebesar 2.02. Ternyata tÂ’ > nktÂ’ atau tÂ’ berada di luar interval ± nktÂ’, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikansi α = 0.05 taraf kepercayaan 95%. Data yang diperoleh antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda signifikan. Analisis data sikap kreatif siswa terhadap permasalahan yang diberikan guru diambil berdasarkan angket dengan skala likert 1-4, sedangkan sikap kreatif siswa selama proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil perhitungan angket menggunakan uji hipotesis dari uji W didapatkan bahwa Whitung sebesar 42, sedangkan W tabel(0.05)(38) sebesar 225. Ternyata Whitung < Wtabel(0.01)(38), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikansi α=0.05 taraf kepercayaan 95%. Persentase perolehan observasi sikap kreatif siswa di kelas eksperimen sebesar 37.5% sedangkan kelas kontrol sebesar 5.3%. Berdasar hal ini maka penerapan model pembelajaran STM dapat mempengaruhi kreativitas siswa secara positif.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com