Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Jurnal Biodik 2014

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN (Pada Konsep Pencemaran Udara Kelas X di SMA Negeri 3 Kota Sukabumi)

Jurnal Biodik Volume 3 No 1 2014 Hal.26
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-29 10:15:13
Oleh : Nera Fitriyani*, Setiono**, Himatul Aliyah*** *Alumni Pend. Biologi FKIP UMMI, **Dosen Pend. Biologi FKIP UMMI, ***Kepala Sekolah SMPN 1 Sukaraja, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-29, dengan 1 file

Keyword : Model pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan, kemampuan kognitif, kepedulian siswa terhadap lingkungan

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri

berbasis lingkungan terhadap kemampuan kognitif dan kepedulian siswa terhadap lingkungan

pada konsep pencemaran udara di kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi. Penelitian ini

bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan

terhadap kemampuan kognitif dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. (2) untuk

mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan. Jenis

penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa

kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi. Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 66

siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X IPA 6 sebanyak

33 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis

lingkungan sedangkan kelas X IPA 5 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan

model cooperative learning tipe STAD dengan teknik pengambilan sampel nonrandomaze

yaitu dengan cara purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji non

parametrik yaitu uji wilcoxon untuk analisis data pretest dan posttest dan uji parametrik yaitu

uji t untuk analisis data angket kepedulian siswa terhadap lingkungan. Hasil penelitian dengan
α = 0,05% dan taraf kepercayaan 95% menunjukan: (1) model pembelajaran inkuiri berbasis

lingkungan tidak mempengaruhi kemampuan kognitif siswa dengan Whitung =188,5 >

Wtabel(0,05)(33) =170. (2) model pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan tidak mempengaruhi

kepedulian siswa terhadap lingkungan dengan thitung = 0,72 < ttabel(0,975)(64) =1,9987. (3) respon

siswa dikelas eksperimen menunjukkan respon positif terhadap model inkuiri berbasis

lingkungan. Berdasarkan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model

pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan tidak mempengaruhi kemampuan kognitif siswa,

dan kepedulian siswa terhadap lingkungan, namun menunjukan respon yang positif terhadap

model pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan yang diterapkan pada kelas eksperimen

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com