Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: TopLaporan Tugas Akhir (D3)PerpajakanTahun 2014

TATA CARA PELAPORAN SPT TAHUNAN PPH WPOP MENGGUNAKAN E-FILING DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 10:47:35
Oleh : Nia Sukmawati [D3 Perpajakan], Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pelaporan SPT, Pelayanan Pajak

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Nia Sukmawati dengan Nomor Induk Mahasiswa GOA 045121111001 dengan judul ”TATA CARA PELAPORAN SPT TAHUNAN PPH WPOP MENGGUNAKAN E-FILING DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SUKABUMI” dibawah bimbingan Eris Darsawati, SP.d M.M. dan Tanti Agustiani SP.d M.Hum, Laporan ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di Kanor Pelayanan Pajak Pratama Sukabumi (KPP) Pratama Sukabumi.


Penerimaan pajak merupakan sumber pendapatan negara yang semakin hari semakin penting. Berbagai terobosan yang terkait dengan aplikasi Teknologi Informatika dalam kegiatan administrasi perpajakan pun terus dilakukan guna meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kepada wajib pajak. Berdasarkan hal tersebut maka di programkanlah Electronic Filing System (E-Filing) guna memudahkan wajib pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuannya (SPT) terutama SPT Tahunan PPh WPOP.

Setelah dilakukan penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa sistem e-Filing terbukti cepat, akurat, efisien dan efektif karena wajib pajak dapat langsung menyampaikan Surat Pemberitahuannya secara on-line tanpa harus ke Kantor Pelayanan Pajak dan akan menerima konfirmasi laporan yang telah disampaikan, langsung pada saat laporan tersebut diterima (real time). E-filing merupakan solusi bagi permasalahan dalam pelaporan pajak tahunan selain itu juga mengurangi penumpukan antrian wajib pajak dan berkas/arsip dari bukti pelaporan

Untuk menggunakan E-filing Wajib Pajak (WP) harus melewati prosedur yaitu memiliki kartu E-Fin yang dilanjutkan dengan registrasi dan aktivasi untuk mendaftar E-Filing, pengajuan kartu E-Fin kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan syarat mengajukan surat permohonan penerbitan E-Fin disertai dengan kepemilikan lampiran NPWP, KTP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT), dan Surat kuasa bagi yang di wakilkan..

Tata cara pelaporan dan pengisian SPT PPh WPOP menggunakan E-Filing memiliki 2 (Dua) kategori yaitu dengan formlir 1770 S dan 1770 SS dan untuk keseragaman maka tata cara pelaksanaan pelaporannya diatur oleh peraturan DJP Nomor KEP-1/PJ./2014 dan Nomor KEP-6/PJ/2014 tentang Pelaporan SPT Tahunan PPh WPOP dengan menggunakan e-filing.

Kendala-kendala pelaporan menggunakan E-filing terletak pada kelemahan program e-filing seperti ketergantungan terhadap teknologi yang terkadang gangguan jaringan ataupun eror. Selain itu e-filing mengharuskan pengguna menguasai bidang teknologi sedangkan kenyataannya masyarakat Sukabumi khususnya masih belum sepenuhnya mahir dibidang teknologi. Jadi sosialisasi dari pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) harus intens dilakukan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com