Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA POTENSI KENDARAAN YANG BELUM MENDAFTAR ULANG (KBMDU) PADA KANTOR CABANG PELAYANAN DISPENDA PROVINSI WILAYAH KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 13:13:54
Oleh : Nikita Febriane (D3 Perpajaka), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Potensi Kendaraan, Mendaftar Ulang

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Nikita Febriane dengan Nomor Induk Mahasiswa 045121111003, dengan judul Ā“FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA POTENSI KENDARAAN YANG BELUM MENDAFTAR ULANG (KBMDU) PADA KANTOR CABANG PELAYANAN DISPENDA PROVINSI WILAYAH KOTA SUKABUMIĀ” Laporan ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di Kantor Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Wilayah Kota Sukabumi.

Pajak daerah sebagai salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) diharapkan menjadi salah satu sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah untuk meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, daerah mampu melaksanakan otonomi daerah yaitu mampu mengatur dan mengurus rumah tangganya meskipun beberapa jenis pajak daerah sudah ditetapkan dalam Undang-undang No. 13 Tahun 2011 tentang pajak daerah untuk jenis pungutan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya mengatasi program Kendaraan yang Belum Mendaftar Ulang (KBMDU) dan faktor yang menjadi kendala bagi pihak instansi yang bersangkutan dalam menghadapi wajib pajak. Maka dari program KBMDU tersebut yakni berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), apabila wajib pajak tidak mendaftar ulang kendaraannya akan menimbul tunggakan pajak.

Metode yang digunakan penulis dalam penelitian tugas akhir ini yaitu metode deskriptif merupakan metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, akurat dan fakta-fakta serta hubungan antarfenomena yang diselidiki sehingga dapat memberikan saran untuk masa yang datang.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di Kantor Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Jawa Barat Wilayah Kota Sukabumi yang dapat disimpulkan bahwa dari faktor penyebab meningkatnya potensi KBMDU dengan cara dilaksanakannya penelusuran KBMDU dan operasi gabungan dapat menekan angka peningkatan potensi KBMDU. Maka semakin rutin melaksanakan penelusuran dan operasi gabungan maka berpengaruh pula pada peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com