Path: Top » Jurnal » ADHUM » 2014 » Vol.4 No.2
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada nasabah produk tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk. Cabang Sukabumi)
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 13:20:58
Oleh : Nor Norisanti, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-25, dengan 1 file
Keyword : Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah
PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk. Cabang Sukabumi merupakan perusahaan milik pemerintah dan merupakan salah satu bank terbesar
di indonesia yang bergerak dibidang jasa perbankan. Permasalahan yang dihadapi adalah loyalitas nasabah pengguna produk tabungan BritaAma menurun,
terlihat dari data penurunan jumlah rekening tabungan. Hal ini diduga karena kualitas pelayanan yang belum optimal. Faktor lain yang menjadi penyebab
terjadinya penurunan loyalitas nasabah diduga disebabkan citra perusahaan yang tidak baik dari kesan (impressions) terhadap perusahaan. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui sejauh mana hubungan kualitas pelayanan dan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi
kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan mempunyai hubungan yang signifikan yaitu sebesar 0,49. Sementara
itu kedua variabel berpengaruh lemah terhadap loyalitas nasabah pada nasabah pengguna produk tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia
(PERSERO) Tbk, Cabang Sukabumi yaitu sebesar 24%, itu artinya sebesar 76% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Selanjutnya, untuk uji
hipotesis diperoleh hasil F hitung sebesar 17,977 nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel yaitu sebesar 3,077 (17,977 > 3,077). Yang
artinya hasil pengujian hipotesis tersebut signifikan dan dapat diberlakukan untuk seluruh populasi. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa
hubungan kualitas pelayanan dan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas pada nasabah pengguna produk tabungan BritAma PT. Bank Rakyat
Indonesia (PERSERO) Tbk, Cabang Sukabumi perlu ditingkatkan kembali agar lebih baik untuk sekarang dan dimasa yang akan datang.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTUMMIPP |
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Sukabumi |
Nama Kontak | tiyanti_sundari@yahoo.com |
Alamat | Jl. R. Syamsudin, SH. No. 50 |
Kota | Sukabumi |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | |
Fax | |
E-mail Administrator | tiyanti_sundari@yahoo.com |
E-mail CKO | tiyanti_sundari@yahoo.com |