Path: Top Jurnal ADHUM 2014

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada nasabah produk tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk. Cabang Sukabumi).

Jurnal ADHUM
Journal from JBPTUMMIPP / 2014-05-19 13:52:13
Oleh : Nor Norisanti, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-05-19, dengan 0 file

Keyword : Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah

ABSTRAK
PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk. Cabang Sukabumi merupakan perusahaan milik pemerintah dan merupakan salah satu bank terbesar di indonesia yang bergerak dibidang jasa perbankan. Permasalahan yang dihadapi adalah loyalitas nasabah pengguna produk tabungan BritaAma menurun, terlihat dari data penurunan jumlah rekening tabungan. Hal ini diduga karena kualitas pelayanan yang belum optimal. Faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya penurunan loyalitas nasabah diduga disebabkan citra perusahaan yang tidak baik dari kesan (impressions) terhadap perusahaan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana hubungan kualitas pelayanan dan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan mempunyai hubungan yang signifikan yaitu sebesar 0,49. Sementara itu kedua variabel berpengaruh lemah terhadap loyalitas nasabah pada nasabah pengguna produk tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk, Cabang Sukabumi yaitu sebesar 24%, itu artinya sebesar 76% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Selanjutnya, untuk uji hipotesis diperoleh hasil F hitung sebesar 17,977 nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel yaitu sebesar 3,077 (17,977 > 3,077). Yang artinya hasil pengujian hipotesis tersebut signifikan dan dapat diberlakukan untuk seluruh populasi.
Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa hubungan kualitas pelayanan dan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas pada nasabah pengguna produk tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk, Cabang Sukabumi perlu ditingkatkan kembali agar lebih baik untuk sekarang dan dimasa yang akan datang.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK
PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk. Cabang Sukabumi merupakan perusahaan milik pemerintah dan merupakan salah satu bank terbesar di indonesia yang bergerak dibidang jasa perbankan. Permasalahan yang dihadapi adalah loyalitas nasabah pengguna produk tabungan BritaAma menurun, terlihat dari data penurunan jumlah rekening tabungan. Hal ini diduga karena kualitas pelayanan yang belum optimal. Faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya penurunan loyalitas nasabah diduga disebabkan citra perusahaan yang tidak baik dari kesan (impressions) terhadap perusahaan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana hubungan kualitas pelayanan dan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan mempunyai hubungan yang signifikan yaitu sebesar 0,49. Sementara itu kedua variabel berpengaruh lemah terhadap loyalitas nasabah pada nasabah pengguna produk tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk, Cabang Sukabumi yaitu sebesar 24%, itu artinya sebesar 76% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Selanjutnya, untuk uji hipotesis diperoleh hasil F hitung sebesar 17,977 nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel yaitu sebesar 3,077 (17,977 > 3,077). Yang artinya hasil pengujian hipotesis tersebut signifikan dan dapat diberlakukan untuk seluruh populasi.
Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa hubungan kualitas pelayanan dan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas pada nasabah pengguna produk tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk, Cabang Sukabumi perlu ditingkatkan kembali agar lebih baik untuk sekarang dan dimasa yang akan datang.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Yanti Sundari