Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Prosiding 2015

MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT DENGAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 07 Maret 2015 Universitas Muhammadiyah Surakarta
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2015-12-21 22:09:22
Oleh : Novi Andri Nurcahyono, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (nanurcahyono@gmail.com)
Dibuat : 2015-12-21, dengan 2 file

Keyword : TPS dengan CTL; NHT dengan CTL; Prestasi Belajar

ABSTRAK.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diantara model

pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, NHT dengan pendekatan CTL dan langsung, model pembelajaran manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Se-Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 133 siswa, dengan rincian 45 siswa pada kelas eksperimen satu, 45 siswa pada kelas eksperimen dua, dan 43 pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika.

Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitasmenggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansimenggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.

Dengan α = 0,05, diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan CTL dan model pembelajaran langsung, dan prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan CTL lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com