Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Prosiding 2015

Analisis Keterampilan Memberi Penguatan Dan Mengadakan Variasi Pelajaran Pada Program Latihan Profesi (PLP)

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 14 November 2015 Universitas Negeri Yogyakarta
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2015-12-22 17:08:34
Oleh : Novi Andri Nurcahyono, Eka Novarina; Dosen Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (nanurcahyono@gmail.com, novarinaeka14@yahoo.com)
Dibuat : 2015-12-22, dengan 2 file

Keyword : Kegiatan PLP, Keterampilan Memberi Penguatan, Keterampilan Mengadakan Variasi Pelajaran, Pembelajaran Matematika.

Abstrak





Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan dalam memberi penguatan dan mengadakan variasi pelajaran mahasiswa pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (FKIP UMMI) dalam pelaksanaan Program Pelatihan Profesi (PLP) tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus.




Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP yang sedang melaksanakan PLP di sekolah. Dua orang tersebut terdiri dari 1 orang yang memiliki kemampuan akademik tinggi (subjek-FU) dan 1 orang memiliki kemampuan akademik rendah (subjek-DR). Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengambilan data dilakukan sebanyak 2 kali pada setiap subjek yaitu pada tahap I dan pada tahap II dengan menggunakan lembar observasi dan handycam, sehingga diperoleh 4 rekaman pada setiap subjek penelitian. Proses analisis data dimulai dengan mengkaji seluruh data yang tersedia dari rekaman pembelajaran pada kegiatan PLP. Tahapan analasis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.




Sedangkan uji validitas data dilaksanakan dengan member check. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) prosentase penguasaan keterampilan dalam memberi penguatan subjek-FU sebesar 91,67% sedangkan subjek-DR sebesar 58,31%, (2) prosentase penguasaan keterampilan mengadakan variasi pelajaran subjek-FU sebesar 75,00% sedangkan subjek-DR sebesar 49,98%.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com