Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Jurnal Utile Vol.I No.2 Desember 2015

ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM LATIHAN PROFESI (PLP)

Jurnal UTILE Vol.I No.2 Desember 2015
Journal from JBPTUMMIPP / 2016-01-20 17:03:22
Oleh : Novi Andri Nurcahyono, Eka Novarina, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (nanurcahyono@gmail.com)
Dibuat : 2016-01-20, dengan 2 file

Keyword : Keterampilan Dasar Mengajar, Pelaksanaan PLP, Pembelajaran Matematika

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanketerampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan matematika FKIP UMMI dalam pelaksanaan PLP tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Subjek penelitian terdiri dari dua mahasiswa yang sedang melaksanakan PLP di sekolah. Dua orang tersebut terdiri dari 1 orang yang memiliki kemampuan akademik tinggi (subjek-FU) dan 1 orang memiliki kemampuan akademik rendah (subjek-DR). Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Tahapan analasis data dalam penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilaksanakan dengan member check. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) pada keterampilan membuka pelajaran, mahasiswa belum memenuhi semua indikator, (2) pada keterampilan bertanya, mahasiswa sudah memenuhi indikator pertanyaan yang dikemukakan jelas maksudnya dan benar kaitannya dan memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk berpikir dalam menemukan jawabannya, (3) pada keterampilan memberi penguatan, mahasiswa sudah memenuhi indikator memberi penguatan dengan mimik, gerak badan, mendekati, dan kontak terhadap respon positif siswa, (4) pada keterampilan mengadakan variasi, mahasiswa belum memenuhi semua indikator, (5) pada keterampilan menjelaskan, mahasiswa sudah memenuhi indikator menggunakan kalimat yang tidak berbelit-belit dan menghindari kata yang berlebihan atau meragukan dan menggunakan contoh atau ilustrasi, (6) pada keterampilan membimbing diskusi kelompok, mahasiswa belum memenuhi semua indikator, (7) pada keterampilan mengelola kelas, mahasiswa sudah memenuhi indikator menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal (sikap tanggap, membagi perhatian, menuntut tanggungjawab siswa, memberikan petunjuk yang jelas, menegur siswa) dan Memfasilitasi siswa untuk mencoba, mengamati, menganalisis, dan berkomunikasi (8) pada keterampilan menutup pelajaran, mahasiswa belum memenuhi semua indikator.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com