Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top » Jurnal » Jurnal-Jurnal

PENERAPAN FASE PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SEMESTER 1 SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Journal from JBPTUMMIPP / 2015-05-23 11:46:57
Oleh : NurÂ’aini Muhassanah [Dosen Pendidikan Matematika FKIP-UMMI], Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Inunk.moetz.change@gmail.com)
Dibuat : 2015-05-23, dengan 1 file

Keyword : Fase Pembelajaran van Hiele, Tingkat Pemahaman van Hiele, Prestasi Belajar

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran matematika dengan penerapan fase pembelajaran van Hiele yang dapat meningkatkan pemahaman siswa SMP kelas IX pada materi bangun ruang sisi lengkung.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pola kolaboratif. Penelitian ini dilakukan pada 28 siswa kelas IX A SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2011 / 2012. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah setidaknya 30 % siswa telah mulai memasuki tahap 2 (Deduksi Informal) dalam memahami Geometri.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui fase pembelajaran van Hiele yang terdiri dari 5 fase, yaitu: 1) Fase 1 Inkuiri/Informasi (inquiry/information); 2) Fase 2 Orientasi berarah (directed orientation); 3) Fase 3 Uraian (explication); 4) Fase 4 Orientasi bebas (free orientation); 5) Fase 5 Integrasi (integration) pada materi bangun ruang sisi lengkung dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Hal ini didasarkan pada hasil tes.

Berdasarkan hasil tes akhir siklus I dan siklus II tingkat pemahaman paling tinggi yang bisa dicapai siswa-siswa kelas IX A adalah tingkat 2 (Deduksi Informal) yang sudah mencapai 7,14 % siswa pada siklus I dan 39,29 % siswa pada siklus II sedangkan siswa yang lain baru mencapai tingkat 0 (Pengenalan) dan tingkat 1 (Analisis). Jika dilihat berdasarkan tingkat ketuntasan hasil tes, sudah 78,57 % siswa pada siklus I dan 85,71 % siswa pada siklus II yang mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditetapkan, yaitu 64 dengan nilai rata-rata 72,28 dan 84,71 pada masing-masing siklus.

Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan fase pembelajaran van Hiele terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2011 / 2012 yang diukur dari hasil tes akhir pada setiap siklus berdasarkan tingkat pemahaman menurut tahap berpikir van Hiele

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com