Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

UPAYA DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK HIBURAN PADA SEKTOR PAD DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 10:57:57
Oleh : Nurjanah (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Meningkatkan, Pajak Hiburan, Aset Daerah

Laporan Tugas akhir ini disusun oleh Nurjanah, NIM. 045121111016 dengan judul “UPAYA DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK HIBURAN PADA SEKTOR PAD DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI”, dibimbing oleh Bapak Darmo H. Suwiryo, S.E.M., Pd., M.M. dan Bapak Gatot Wahyu Nugroho Drs,.Ak,.CA.

Salah satu sumber pendapatan daerah yang sangat potensial dalam meningkatkan penerimaan daerah di DPPKAD Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi pada sektor PAD adalah pajak hiburan. Dimana setiap tahunnya pajak hiburan selalu mengalami peningkatan setelah pajak restoran. Namun sepertinya pemerintah mengalami kesulitan-kesulitan dalam meningkatkan penerimaan dari pajak hiburan. Salah satunya adalah masih terdapat beberapa wajib pajak yang belum siap mengikuti aturan perpajakan. Dimana wajib pajak tersebut dalam pengenaan pajaknya masih tidak sesuai padahal sesuai aturan pajak dikenakan berdasarkan omzet/pendapatan tiap bulannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan penerimaan pajak hiburan, untuk mengetahui jumlah wajib pajak (perusahaan) pajak hiburan pada tahun 2013, dan untuk mengetahui target dan realisasi pajak hiburan pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Objek dalam penelitian ini adalah upaya dalam meningkatkan penerimaan pajak hiburan pada sektor PAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya dalam meningkatkan penerimaan pajak hiburan yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan,Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi adalah dalam rangka meningkatkan pajak daerah khususnya pajak hiburan, DPPKAD bidang PAD harus selalu mengadakan pemantauan dan memberikan solusi terhadap para wajib pajak dalam menyampaikan data bulanan. Jumlah wajib pajak (Perusahaan) Pajak hiburan tahun 2013 yang terdaftar di DPPKAD Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi adalah sebanyak 31 perusahaan yang terdaftar, meskipun jumlah wajib pajak hiburan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah wajib pajak daerah yang lainnya, namun jenis pajak hiburan ini sangat mempunyai ketertarikan buat para peminatnya. Wajib pajak (perusahan) yang terdaftar paling dominan yaitu permainan ketangkasan/ketangkasan air. Target dan realisasi penerimaan pajak hiburan pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 telah melebihi target. Meskipun telah melebihi target namun DPPKAD Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi harus lebih meningkatkan kinerjanya agar wajib pajak sadar akan pentingnya membayar pajak dan tidak menunda-nunda pembayarannya. Jadi, tahun-tahun berikutnya realisasi penerimaan pajak hiburan tidak mengalami penurunan sehingga pencapaian target pun bisa lebih stabil, sesuai dengan target pajak hiburan yang telah ditetapkan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com