Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: TopLaporan Tugas Akhir (D3)PerpajakanTahun 2014

TATA CARA PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI KANTOR DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN, DAN ASSET DAERAH KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 11:56:54
Oleh : Puspa Sari Dewi (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pemungutan Pajak, Bangunan, Pengelolaan, Aset Daerah

Laporan tugas akhir ini disusun oleh Puspa Sari Dewi 045121111010, dengan judul “TATA CARA PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI KANTOR DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN, DAN ASSET DAERAH KABUPATEN SUKABUMI” Pajak bumi dan bangunan adalah salah satu sector pendapatan asli daerah yang memberikan kontribusi terhadap penerimaan asli daerah yang kemudian di gunakan untuk kesejahteraan bersama. Penyusun laporan tugas akhir ini di bombing oleh Tanti Agustiani, M.Hum.dan Hj. Eris Darsawati, S.Pd., MM.

Dengan melihat perkembangan di Kabupaten Sukabumi pada saat ini cukup meningkat hal ini di sebabkan Kabupaten Sukabumi salah satu yang memiliki peluang bisnis bagi para pembisnis yang mengelolah keuangannya dengan membuat bangunan seperti hotel ,hal ini menjadi pemacu atau bertambahnya pajak atas bumi dan bangunan. Pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan sendiri merupakan pajak yang pengelolaannya di serahkan pada dinas pendapatan pengelolaan dan asset daerah dan telah mempunyai kantornya sendiri, pemungutan pajak bumi dan bangunan di definisikan sebagai pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan bangunan yang di miliki. Pajak bumi dan bangunan system official assessment yang artinya pemungutan pajak yang dilakukan oleh pihak kantor itu sendiri, di karenakan NJOP (NilaiJualObjekPajak) yang berbeda-beda pada tiap wilayah.

Yang menjadi objek penelitian adalah Tata Cara Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata atau lisan, dapat di pertanggung jawabkan dan dapat di amati secara ilmiah dengan melakukan penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data yang di dapat dari naskah wawancara, dan dokumen resmi yang kemudian di sajikan dan di analisis.

Pemungutan pajak bumi dan bangunan di lakukan oleh dinas pendapatan pengelolaan dan asset daerah (DPPKD) Kabupaten Sukabumi. Pemungutan yang beredar yang di lapangan dengan pemungutan pajak bumi dan bangunan seringkali mendapat masalah dalam pembayaran factor utamanya yaitu kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan asset daerah Kabupaten Sukabumi dalam melakukan pemeriksaan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam hal pembayaran pajak harus lebih aktif lagi minimal setiap akhir bulan semua wajib pajak di lakukan pemeriksaan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com