Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Jurnal SANTIKA 2014 Vol.4 No.1

MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS SIMPANG JALAN LINGKAR SELATAN – JALAN PELABUHAN II

Jurnal SANTIKA Volume 4 No 1
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-29 10:32:10
Oleh : Rahmaria Melianti, Hartono, Jallaludin Mukti, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-27, dengan 1 file

Keyword : Simpang Prioritas, Tingkat Pelayanan/Level of Service (LoS), MKJI 1997

Abstrak



Meningkatnya kemacetan lalu lintas jalan perkotaan maupun jalan luar kota diakibatkan bertambahnya kepemilikan kendaraan yang tidak diikuti dengan peningkatan kapasitas ruas jalan merupakan permasalahan yang banyak terjadi di kota-kota di Indonesia termasuk Kota Sukabumi. Pembangunan Jalan Lingkar (outer ring road) dapat meningkatkan aksesibilitas pergerakan orang dan barang menuju Kota Sukabumi tanpa melewati lokasi rawan macet Jalan Raya Cisaat. Namun dengan telah terbangunnya Jalan Lingkar tersebut, permasalahan yang kemudian timbul adalah terjadinya titik konflik sekitar lokasi simpang yang mempengaruhi tingkat keselamatan pengguna jalan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis tingkat kinerja simpang Jalan Lingkar Selatan – Jalan Pelabuhan II serta mencari beberapa alternatif solusi terhadap permasalahan yang ada guna meningkatkan kinerja simpang.


Pengembangan dan pengolahan data lalu lintas di lapangan dilakukan dengan survey lalu lintas gerakan membelok serta survey inventarisasi simpang yang kemudian diolah berdasarkan MKJI 1997. Dari hasil analisis kinerja eksisting menunjukkan tingkat pelayanan / Level of Service (LoS) C, artinya tidak dalam kondisi baik dengan parameter berupa tundaan rata-rata simpang 18.52 det/smp. Perbaikan yang diusulkan guna peningkatan kapasitas simpang tersebut adalah peningkatan kapasitas berupa peningkatan lebar pendekat simpang serta pemasangan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) setelah peningkatan lebar pendekat. Hasil analisis kinerja berdasarkan skenario 1 menunjukkan bahwa tingkat pelayanan/Level of Service (LoS) simpang mengalami peningkatan kinerja bila dibanding kinerja eksisting berupa tundaan lalu lintas menjadi 16.27 det/smp. Sedangkan hasil analisis kinerja skenario 2 menunjukkan tingkat pelayanan / Level of Service (LoS) simpang mengalami peningkatan kinerja bila dibanding kinerja pada skenario 1 dengan tundaan rata-rata simpang (D) 14.38 det/smp.


Dari penelitian disimpulkan bahwa dengan diberlakukannya peningkatan kapasitas berupa pelebaran pendekat simpang diikuti oleh pemasangan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dapat mengurangi terjadinya tundaan lalu lintas di persimpangan Jalan Lingkar Selatan – Jalan Pelabuhan II. Sehubungan dengan adanya pengurangan tundaan lalu lintas, direkomendasikan agar perlunya dilakukan evaluasi lebih lanjut terhadap kinerja simpang sesuai dengan permasalahan yang ada, serta perancangan yang lebih rinci guna terciptanya transportasi yang lebih baik

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com