Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top Prosiding

Peran Negara-Negara ASEAN Dalam Menghadapi Sengketa Internasional Dikawasan ASEAN

ISBN : 978-602-70430-0-8
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2016-04-14 18:57:36
Oleh : R. Eriska Ginalita Dwi Putri, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2016-04-12, dengan 3 file

Keyword : ASEAN, Sengketa internasional

Abstrak

Hubungan antara negara sangat rentan untuk terjadinya sengketa. Sengketa tersebut dapat lahir dari berbagai sumber potensi, seperti perbatasan, sumber daya alam,kerusakan lingkungan, perdagangan, Hak Asasi Manusia, terorisme dan lain-lain Penyelesaian sengketa merupakan satu tahap penting dan menentukan. Dalam hal terjadinya sengketa, hukum internasional memerankan peran yang sangat penting. Hukum internasional memberikan pedoman, aturan, dan cara atau metode bagaimana suatu sengketa dapat di diselesaikan oleh para pihak secara damai. Sengketa internasional yang timbul harus segera diselesaikan agar tidak mengancam keamanan ian hubungan masyarakat internasional. Menurut hukum internasional penyelesaian sengketa internasional dapat diselesaikan melalui secara damai salah satunya adalah melalui kerangka organisasi internasional. Hukum internasional sudah lama mengakui bahwa badan atau organisasi internasional regional dapat pula berperan dalam menyelesaikan sengketa internasional secara damai. Salah satunya adalah negara-negara di kawasan ASEAN (Association of Southeast Asia Nations') yang mempunyai prosedur dan mekanisme dalam menyelsaikan sengketa negara-negara anggotanya.

Metode Penelitian yang digunakan adaiali metode penelitian hukum normatif dengan prosedur pengumpulan data yang sumber utamanya adalah bahan hukum yang berisi aturan-aturan. Metode pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan cara mempelajari literatar, artikel, serta bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan penulisan ini dan situs-situs internet.

Tujuan penelitian ini tentang pengaruh dan kedudukan organisasi internasional dalam menyelesaikan sengketa serta bagaimana peran ASEAN dalam menyelesaikan sengketa internasional negara-negara anggotanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, mekanisme penyelesaian sengketa internasional dalam kerangka ASEAN memiliki. beberapa instrumen penyelesaian sengketa yang tujuannya menjaga kestabilitasan di kawasan Asia Tenggara, yaitu melalui Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC), Protocol on Dispute Settlement Mechanism 1996 (Protokol DSM 1996), Declaration of ASEAN Concord II 2003 (Bali Concord II), The ASEAN Protocol on Enhanced Dispute Settlement Mechanism, 2004 (Protokol Vientiane 2004) dan ASEAN Charter atau Piagam ASEAN 2007. Kedua organisasi-organisai internasional mensyaratkan adanya kehendak dari negara-negara pendirinya untuk menghindari cara-cara kekerasan dan perang dalam penyelesaian sengketa. Hukum internasional mengakui dan menyadari bahwa penyelesaian sengketa harus dilaksana dengan jalan damai.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com